Strategi Komunikasi Pemasaran Komposer Yovie Widianto Terhadap Lagu-Lagunya Di Industri Musik Indonesia

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Widianto, Muhammad Arsy (2022) Strategi Komunikasi Pemasaran Komposer Yovie Widianto Terhadap Lagu-Lagunya Di Industri Musik Indonesia. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication & Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yovie Widianto berhasil menjadi salah satu dari deretan musisi profesional yang telah merintis karier selama hampir empat dekade. Memiliki karya musik yang membekas di hati para generasi 90-an dan 2000-an, lagu- lagu yang diciptakan oleh Yovie Widianto terus melintas dari generasi ke generasi. Untuk mencapai keberhasilan dalam industri musik, diperlukannya dukungan dan strategi dalam memasarkan karya yang telah diproduksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan, serta hambatan dan solusi yang dilakukan oleh komposer Yovie Widianto melalui analisis SOSTAC. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara sebagai teknik pengumpulan data dan triangulasi sumber sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposer Yovie Widianto mampu memaksimalkan strategi komunikasi pemasarannya. Ia menunjukkan bahwa autentisitas dan konsistensi dapat membentuk top of mind di masyarakat, kemudian solusi terhadap hambatan dalam mengisi kesenjangan pendekatan antar generasi dilakukan dengan memaksimalkan penggunaan media dan pemilihan platform, berkolaborasi dengan musisi-musisi muda, dan terus berkarya dengan konsisten.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Yovie Widianto, Musik, Industri Musik Indonesia

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Marketing Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:29
Last Modified: 03 Jan 2024 10:29
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/100

Actions (login required)

View Item
View Item