Diplomasi Pendidikan Melalui Media Medcom.Id Dalam Upaya Kampanye Internasionalisasi Pendidikan Tinggi Indonesia

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Danomira, Bernadus Melkianus (2022) Diplomasi Pendidikan Melalui Media Medcom.Id Dalam Upaya Kampanye Internasionalisasi Pendidikan Tinggi Indonesia. PGP-Thesis thesis, LSPR Communication & Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan tinggi di Indonesia memiliki potensi yang dapat ditawarkan kepada mahasiswa asing di seluruh dunia, beberapa perguruan tinggi di Indonesia telah menempati QS WUR seperti Universitas Indonesia (305) dengan jumlah peserta mahasiswa asing (349) dan Universitas Gadjah Madah (254) dengan jumlah peserta mahasiswa asing (494). Hal ini merupakan bagian dari sistem Pendidikan tinggi yang memiliki Indikator Kinerja Utama. Medcom.id merupakan media yang tepat dalam memberikan informasi mengenai Pendidikan tinggi di Indonesia karena memiliki kanal internasional dan tentunya dapat menjadi sarana yang tepat untuk menunjukkan diplomasi publik yang dirasakan oleh mahasiswa asing selama berkuliah di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa Diplomasi Pendidikan yang dilakukan Medcom.id ke Dunia. Dari Analisa Diplomasi Pendidikan yang dilakukan Medcom.id ke dunia ini diharapkan mampu menjawab tantangan yang ada di dalam upaya promosi Pendidikan tinggi Indonesia ke luar negeri. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Diplomasi Pendidikan dan Soft Powermelalui media sebagai Aktor Non negara untuk menyampaikan informasi dari tujuh pilar diplomasi publik. Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivisme dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer melalui wawancara dan data sekunder melalui studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa diplomasi Pendidikan melalui Medcom.id dalam hal Kampanye Internasionalisasi Pendidikan tinggi Indonesia ke Luar Negeri maka upaya diplomasi yang dilakukan oleh media-media di Indonesia belum maksimal serta pilar diplomasi publik yang diteliti dalam untuk inform, engage, influence belum terlihat maksimal.

Kata kunci: Diplomasi, Pendidikan, Media, Pendidikan TinggiIndonesia, Medcom.id

Item Type: Thesis (PGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: POSTGRADUATE PROGRAMME > International Relations / Communications
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 29 Dec 2023 08:07
Last Modified: 29 Dec 2023 08:07
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1002

Actions (login required)

View Item
View Item