Motif Pembelian Atribute Dan Aksesoris Harry Potter Di Toko Kelontong Sihir : Studi Fenomenologi Pada Penggemar Harry Potter

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Mentari, Kinsky Gisela (2021) Motif Pembelian Atribute Dan Aksesoris Harry Potter Di Toko Kelontong Sihir : Studi Fenomenologi Pada Penggemar Harry Potter. PGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggemar secara umum dapat dilihat sebagai seseorang yang menaruk ketertarikan terhadap suatu karakter. Banyak cara yang dilakukan penggemar untuk menyalurkan ketertarikannya tersebut, salah satunya dengan cara membeli dan mengoleksi aksesoris serta atribut terkait tokoh yang diidolakannya. Melihat antusiasme penggemar tersebut, banyak pihak yang memanfaatkan hal ini dengan cara menjual aksesoris serta atribut terkait tokoh yang diidolakannya, salah satunya adalah Kelontong Sihir. Kelontong Sihir hanyalah satu dari banyaknya online shop di Instagram yang menjual aksesoris bertemakan Harry Potter. Penelitian ini berusaha untuk mencari tahu hal apa saja yang memotivasi penggemar Harry Potter untuk melakukan pembelian di Kelontong Sihir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi serta paradigma konstruktivis. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi serta studi dokumentasi. Motif pembelian ini dibagi menjadi product buying motives serta patronage buying motives dimana keduanya bisa terbagi lagi menjadi motif emosional dan rasional. Wawancara dilakukan dengan penggemar Harry Potter yang sudah pernah melakukan pembelian di Kelontong Sihir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa baik itu motif emosional serta rasional berperan besar untuk para penggemar. Dalam penelitian ini motif rasional lebih banyak berperan jika dibandingkan dengan motif emosional, dimana artinya penggemar telah memikirkan banyak hal terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk memilih membeli di Kelontong Sihir dibandingkan hanya mengandalkan perasaannya.

Kata kunci: Penggemar; Motif Pembelian; Online Shop

Item Type: Thesis (PGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: POSTGRADUATE PROGRAMME > Marketing Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:58
Last Modified: 29 Dec 2023 07:58
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1023

Actions (login required)

View Item
View Item