Abinta, Virgin Cansa (2021) Fan Fiction K-Pop Idol Di Twitter Sebagai Media Komunikasi Antar Anggota Fandom. PGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Kehadiran musik K-Pop di Indonesia memunculkan fanatisme di kalangan penggemar yang dikenal dengan istilah fandom. Kecintaan mereka tidak hanya pada jenis lagu dan grup musik asal Korea Selatan saja, namun para anggota fandom juga mencurahkan rasa cinta mereka kepada artis idola mereka melalui fan fiction di Twitter. Penelitian ini membahas tentang bagaimana bentuk komunikasi antar anggota fandom di Twitter terkait fan fiction Baekhyun, sebagai bentuk loyalitas mereka terhadap idola K-Pop? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan memahami bentuk komunikasi antara anggota fandom di ruang digital twitter terkait fan fiction Baekhyun sebagai komunitas virtual, dan bentuk loyalitas anggota fandom kepada Baekhyun yang merupakan artis K-Pop idola mereka. Teori yang digunakan teori pemusatan simbolis. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode netnografi, guna memahami percakapan dan hubungan sosial antar anggota fandom di Twitter. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi sumber, melalui wawancara dengan informan yaitu penulis dan pembaca fan fiction di Twitter. Selain itu, menggunakan studi pustaka, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada komunikasi kelompok di ruang digital yang berfokus pada fiksi penggemar, dan membentuk hubungan yang kuat di antara anggota fandom. Temuan peneliti dalam penelitian ini adalah terbentuk relasi jaringan yang kuat di Twitter antar anggota fandom, yang merupakan bentuk loyalitas penggemar terhadap idolanya. Baekhyun sebagai K-Pop Idol merupakan sosok imajinatif dalam membuat tema fan fiction di Twitter.
Kata kunci: Fan Fiction, Fandom, K-Pop, Loyalitas, Komunitas Virtual
Item Type: | Thesis (PGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | POSTGRADUATE PROGRAMME > Marketing Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 29 Dec 2023 07:52 |
Last Modified: | 29 Dec 2023 07:52 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1043 |