Strategi Komunikasi SCTV Mempertahankan Reputasi Di Era Digital

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Surya, Enda (2021) Strategi Komunikasi SCTV Mempertahankan Reputasi Di Era Digital. PGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

SCTV merupakan salah satu stasiun televisi swasta populer di Indonesia, dan memiliki beberapa prestasi diantaranya berada di posisi pertama berdasarkan audience share mengalahkan RCTI. Persaingan media yang semakin ketat membuat SCTV harus mempunyai strategi komunikasi yang efektif dan efisien dalam upaya mempertahankan reputasi sebagai televisi keluarga dan menjadi televisi yang tetap unggul di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi komunikasi yang digunakan stasiun SCTV dalam mempertahankan reputasinya di era digital. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan paradigma post-positivisme. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dan data sekunder berasal dari internet, buku-buku, dan jurnal penelitian. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles & Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan pengujian kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa strategi yang dilakukan SCTV dalam menguatkan kredibilitas diantaranya berupa pengungkapan informasi melalui annual report dan penyebaran informasi melalui website, akun media sosial serta situs streaming. Selanjutnya pada penguatan kepercayaan strategi yang dilakukan berupa manajemen pengembangan SDM melalui program pelatihan dan seminar, kegiatan kebersamaan internal, serta program kesejahteraan karyawan hingga muncul adanya rasa kebanggaan sebagai bagian dari staf kerja SCTV. Selanjutnya strategi yang dilakukan SCTV dalam mempertahankan reputasi berupa penciptaan program tayangan yang berfokus pada pelanggan, tayangan program mengikuti aturan penyiaran, mempertahankan kualitas program, melakukan strategi pemasaran off air dan digital marketing dengan memanfaatkan sosial media. Terakhir strategi dalam melakukan tanggungjawabnya berupa pemberian bantuan dan yayasan amal dan mengelola perusahaan sesuai dengan prinsip korporasi yang sehat serta mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kata Kunci: Reputasi, Strategi Komunikasi, Media, SCTV

Item Type: Thesis (PGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: POSTGRADUATE PROGRAMME > Corporate Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 29 Dec 2023 08:27
Last Modified: 29 Dec 2023 08:27
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1068

Actions (login required)

View Item
View Item