Surya, Enda (2021) Strategi Komunikasi SCTV Mempertahankan Reputasi Di Era Digital. PGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
SCTV merupakan salah satu stasiun televisi swasta populer di Indonesia, dan memiliki beberapa prestasi diantaranya berada di posisi pertama berdasarkan audience share mengalahkan RCTI. Persaingan media yang semakin ketat membuat SCTV harus mempunyai strategi komunikasi yang efektif dan efisien dalam upaya mempertahankan reputasi sebagai televisi keluarga dan menjadi televisi yang tetap unggul di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi komunikasi yang digunakan stasiun SCTV dalam mempertahankan reputasinya di era digital. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan paradigma post-positivisme. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dan data sekunder berasal dari internet, buku-buku, dan jurnal penelitian. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles & Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan pengujian kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa strategi yang dilakukan SCTV dalam menguatkan kredibilitas diantaranya berupa pengungkapan informasi melalui annual report dan penyebaran informasi melalui website, akun media sosial serta situs streaming. Selanjutnya pada penguatan kepercayaan strategi yang dilakukan berupa manajemen pengembangan SDM melalui program pelatihan dan seminar, kegiatan kebersamaan internal, serta program kesejahteraan karyawan hingga muncul adanya rasa kebanggaan sebagai bagian dari staf kerja SCTV. Selanjutnya strategi yang dilakukan SCTV dalam mempertahankan reputasi berupa penciptaan program tayangan yang berfokus pada pelanggan, tayangan program mengikuti aturan penyiaran, mempertahankan kualitas program, melakukan strategi pemasaran off air dan digital marketing dengan memanfaatkan sosial media. Terakhir strategi dalam melakukan tanggungjawabnya berupa pemberian bantuan dan yayasan amal dan mengelola perusahaan sesuai dengan prinsip korporasi yang sehat serta mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Kata Kunci: Reputasi, Strategi Komunikasi, Media, SCTV
Item Type: | Thesis (PGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | POSTGRADUATE PROGRAMME > Corporate Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 29 Dec 2023 08:27 |
Last Modified: | 29 Dec 2023 08:27 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1068 |