Aqilah, Nathaya Ghina (2022) Strategi Komunikasi Pemasaran Instagram Mujigae menggunakan Konten Korean Wave. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication & Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Adanya penyebaran budaya Korea secara global atau biasa disebut dengan Korean Wave menghasilkan banyak bermunculannya berbagai restoran Korea di Indonesia. Sebagai salah satu restoran yang menyajikan masakan Korea, Mujigae memanfaatkan Korean Wave tersebut, spesifiknya aliran musik K-Pop dan drama Korea sebagai konten mereka di media sosial Instagram. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif melalui wawancara semi-terstruktur. Sementara tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konten-konten Korean Wave dari Mujigae yang bersifat menghibur, informatif, dan interaktif. Diantaranya adalah konten humor meme pada scene-scene drama Korea, serta konten yang terinspirasi dari drama Korea Squid Game seperti giveaway #MauSpicyRapokkiDongMin dan kampanye #DalgonaSquidMujigame. Jika ditinjau dari teori difusi inovasi, kampanye #DalgonaSquidMujigame mampu menciptakan suatu inovasi dengan dibuatnya permainan permen dalgona yang persis pada drama Korea Squid Game, kemudian kampanye tersebut mampu menghasilkan viral marketing dari kenaikan impressions pada akun Instagram Mujigae.
Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Korean Wave,Restoran Korea, Konten Instagram, Drama Korea Squid Game
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Marketing Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 10:29 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 10:29 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/107 |