Instagram Sebagai Media Utama Umkm Dalam Membangun Brand Awareness

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Putri R, Nadya Alyssa (2021) Instagram Sebagai Media Utama Umkm Dalam Membangun Brand Awareness. PGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemanfaatan Instagram sebagai media publlikasi dalam membangun brand awareness yang diimplementasikan “UMKM Nasi Kulit Ayam Babeh”. Tujuan penelitian: memahami pemanfaatan Instagram sebagai media publlikasi “UMKM Nasi Kulit Ayam Babeh” dalam membangun brand awareness dan mengidentifikasikan kendala atau hambatan dalam pemanfaatan Instagram sebagai media publikasi “UMKM Nasi Kulit Ayam Babeh” dalam membangun brand awareness, serta evaluasi pemanfaatan Instagram sebagai media publikasi dalam membangun brand awareness yang telah dilakukan “UMKM Nasi Kulit Ayam Babeh”. Pada penelitian ini digunakan konsep Computer Mediated Communication (CMC) yang menjelaskan bagaimana perilaku individu dapat diubah oleh pertukaran informasi melalui komputer (Wood & Smith, 2005). Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) UMKM Nasi Kulit Ayam Babeh telah memanfaatkan Instagram sebagai satu-satunya media publikasi untuk membangun brand awareness. Pemanfaatan instagram telah dilakukan secara maksimal. Upaya menarik publik khususnya target market pengguna Instagram agar mengetahui, mengenal dan memutuskan mencoba produk Nasi Kulit Ayam Babeh cukup berhasil. 2) Kendala atau hambatan yang berhasil teridentifikasi dalam pemanfaatan instagram sebagai media publikasi "UMKM Nasi Kulit Ayam Babeh" dalam membangun brand awareness: kurang cepat merespon keterbatasan budget pada pembuatan konten, algoritma sosial media cepat berubah dan tak bisa diprediksi, dan kesulitan mengkonversi konten jadi penjualan. 3) Evaluasi mendapatkan hasil: a) Nasi Kulit Ayam Babeh perlu menambah jumlah followers-nya. b) Nasi Kulit Ayam Babeh harus menampilkan konten yang lebih variatif,interaktif dan mengandung informasi yang up to date, dimana pembuatan kontennya sesuai dengan budgetnya, c) Nasi Kulit Ayam Babeh perlu untuk meningkatkan kemampuan finansialnya untuk mendukung pembuatan kontennya dan pemanfaatan fitur instagram yang lebih maksimal. d) Meningkatkan upaya untuk memotivasi konsumen melalui kontennya sehingga dapat mengkonversi konten menjadi penjualan.

Kata Kunci : Brand Awareness, Computer Mediated Communication, Instagram.

Item Type: Thesis (PGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: POSTGRADUATE PROGRAMME > Corporate Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 29 Dec 2023 08:28
Last Modified: 29 Dec 2023 08:28
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1073

Actions (login required)

View Item
View Item