Strategi Komunikasi Badan Nasional Pengelola Perbatasan Dalam Membangun Citra Positif Lembaganya Melalui Pembangunan Perbatasan Negara

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Daud, Raissa Regina (2021) Strategi Komunikasi Badan Nasional Pengelola Perbatasan Dalam Membangun Citra Positif Lembaganya Melalui Pembangunan Perbatasan Negara. PGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kawasan perbatasan negara sering dianggap sebagai wilayah tertinggal dan kesan negatif, karena selain keterbatasan kondisi infrastruktur dan pelayanan dasar publik, sebagian wilayah tersebut berada dipelosok negeri dengan tingkat geografis yang sulit. Disisi lain, dalam satu dekade terakhir pemerintah telah berusaha merubah paradigma tersebut, bahkan Presiden Jokowi mencanangkannya sebagai salah satu nawacita presiden yakni perbatasan negara menjadi beranda depan NKRI. Berangkat dari hal tersebut, dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk melihat strategi komunikasi yang dilakukan oleh Badan Nasional Pengelola Perbatasan RI (BNPP), yaitu Badan Pemerintah yang salah satu tugasnya mengkoordinasikan pembangunan di kawasan perbatasan negara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data dari wawancara dan kajian pustaka. Untuk menggambarkan strategi komunikaksi persuasif yang dilakukan oleh BNPP, peneliti menggunakan pendekatan komunikasi persuasi menggunakan The Hovland/Yale Model of Persuasion Learning oleh Carl Hovland. Hasilnya adalah BNPP telah melaksanakan sebagian besar dari unsur dalam metode Hovland untuk membangun citra perbatasan. Temuan menarik lainnya menunjukkan bahwa pembentukan branding perbatasan turut dipengaruhi oleh kinerja pembangunan serta manajemen proses pada strategi komunikasinya. Sejalan dengan hal tersebut, diharapkan terbentuk kesadaran kolektif masyarakat yang berbanding lurus dengan meningkatnya rasa nasionalisme.

Kata Kunci: Public Relations, Komunikasi Persuasif, Strategi Komunikasi, BNPP RI, Perbatasan Nasional, Citra Perbatasan.

Item Type: Thesis (PGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: POSTGRADUATE PROGRAMME > Corporate Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 29 Dec 2023 08:29
Last Modified: 29 Dec 2023 08:29
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1075

Actions (login required)

View Item
View Item