Pra Hegemoni Korea Selatan Melalui Drama Korea Dalam Mempromosikan Produk Kecantikan

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Caroline, Cintia (2021) Pra Hegemoni Korea Selatan Melalui Drama Korea Dalam Mempromosikan Produk Kecantikan. PGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberhasilan negara Korea Selatan untuk bangkit dari keterpurukan ekonominya mendapat dorongan yang besar dari ekspor produk-produk budayanya yang dikenal dengan sebutan Hallyu. Salah satu produk Hallyu yang banyak dinikmati masyarakat Indonesia adalah drama Korea. Seiring berkembangnya Hallyu di Indonesia, popularitas dan impor produk kecantikan Korea Selatan di Indonesia pun terus meningkat dan terlihat bahwa Korea Selatan melakukan product placement sebagai salah satu strategi pemasarannya. Hal ini menunjukan adanya upaya hegemoni ditengah masyarakat Indonesia atas budaya populer Korea yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan yang besar. Dengan metode kualitatif dan teori utama hegemoni, penelitian ini secara kritis melihat bagaimana dominasi Korea Selatan melalui Hallyu dalam drama Korea terhadap perkembangan industri produk kecantikan Korea di Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa Korea Selatan telah melakukan dominasi sejak munculnya Hallyu dan Korea Selatan melakukan ekspor drama Korea. Proses hegemoni terjadi ketika drama Korea disisipkan product placement produk-produk kecantikan asal Korea Selatan sehingga terjadi peningkatan yang signifikan pada penjualan produk kecantikan asal Korea Selatan di Indonesia.

Kata kunci: Hegemoni, budaya populer, Korea Selatan, drama Korea, product placement, produk kecantikan

Item Type: Thesis (PGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: POSTGRADUATE PROGRAMME > International Relations / Communications
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 29 Dec 2023 08:35
Last Modified: 29 Dec 2023 08:35
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1093

Actions (login required)

View Item
View Item