Implementasi Dimensi Computer Mediated Communication (CMC) Dalam Instagram @kemenkominfo Sebagai Media Komunikasi Di Masa Pandemi Covid-19

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Tulung, Andrea Amorita (2021) Implementasi Dimensi Computer Mediated Communication (CMC) Dalam Instagram @kemenkominfo Sebagai Media Komunikasi Di Masa Pandemi Covid-19. PGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Covid-19 dinyatakan sebagai pandemi oleh WHO (World Health Organization) sejak 11 Maret 2020 karena kasusnya yang terus meningkat berkali lipat di penjuru dunia. Di negara Indonesia hingga saat ini kasus tersebut terus meningkat setiap harinya.Pemerintah melakukan beberapa upaya dalam menangani Covid-19 kepada masyarakat, salah satunya ialah menggunakan media sosial seperti Instagram. Instagram @kemenkominfo menjadi salah satu pusat informasi valid mengenai Covid-19 di Indonesia bagi masyarakatnya. Tujuan dari penelitian ini adalang ingin memahami bagaimana implementasi dimensi computer mediated communication (CMC) dalam Instagram @kemenkominfo sebagai media komunikasi di masa pandemi Covid-19. Teori yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teori Computer Mediated Communication (CMC), yaitu proses dimana manusia melakukan interaksi atau berkomunikasi via komputer dengan melibatkan pihak lain dalam situasi atau konteks tertentu dalam proses untuk membentuk media sebagai tujuannya dengan keenam dimensi CMC yaitu Dimensi Accessibility, Speed, Amount, Cognitive Effectiveness, Relevance, Motivating. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif, yakni studi kasus. Hasil penelitian ini adalah akun Instagram @kemenkominfo sangat efektif dalam mengimplementasikan keenam dimensi CMC dalam menyampaikan informasi seputar Covid-19 ke masyarakat dibandingkan dengan media sosial lainnya yang dimiliki dan dikelola oleh Kementerian Kominfo. Kehadiran akun ini juga menjadi sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan informasi terkini, cepat dan mudah di akses serta mudah dipahami.

Kata Kunci: Covid-19, Instagram, Kominfo, Dimensi, Computer Mediated Communication

Item Type: Thesis (PGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: POSTGRADUATE PROGRAMME > Government Public Relations
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 29 Dec 2023 08:46
Last Modified: 29 Dec 2023 08:46
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1106

Actions (login required)

View Item
View Item