Strategi Komunikasi PT Semen Indonesia (PERSERO) Tbk Dalam Manajemen Isu “Pembangunan Pabrik Semen Di Rembang”

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Wahono, Sigit (2020) Strategi Komunikasi PT Semen Indonesia (PERSERO) Tbk Dalam Manajemen Isu “Pembangunan Pabrik Semen Di Rembang”. PGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi komunikasi yang dilakukan oleh PT Semen Indonesia (Persero) dalam manajemen isu pembangunan pabrik semen di Rembang. Sesuai dengan model komunikasi Lasswell, strategi komunikasi dalam manajemen isu akan difokuskan pada 5W-"Who (says) What (to) Whom (in) Which Channel (with) What Effect". Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan studi kasus. Peneliti memilih metode tersebut untuk mendeskripsikan secara detail bagaimana strategi komunikasi PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk dalam manajemen isu dengan studi kasus pembangunan pabrik semen di Rembang. Berdasarkan hasil penelitian, Semen Indonesia telah melakukan upaya pengelolaan isu secara aktif dengan melakukan media monitoring setiap hari. Selanjutnya, Semen Indonesia telah menyusun strategi komunikasi dalam pengelolaan isu pembangunan pabrik semen di Rembang yang dibagi dalam beberapa elemen, meliputi pesan yang disampaikan, pemetaan sasaran komunikasi, media komunikasi yang digunakan, dan melakukan evaluasi terhadap dampak yang diperoleh dari strategi komunikasi yang telah dilakukan. Strategi komunikasi telah diimplementasikan sesuai dengan jadwal yang direncanakan.Dalam melakukan pengelolaan isu, Semen Indonesia melakukan penyampaian informasi yang sesuai antara data dan fakta yang ada. Untuk menjangkau seluruh pemangku kepentingan yang lebih luas, Semen Indonesia menggunakan berbagai media komunikasi yang ada. Perusahaan juga melakukan evaluasi secara periodik untuk mengetahui efektifitas strategi komunikasi yang dilakukan. Selain berdasarkan monitoring isu di media massa dan media sosial, penyesuaian strategi dilakukan dengan menganalisa perkembangan aksi dan agenda setting yang dilakukan oleh pihak kontra.

Item Type: Thesis (PGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: POSTGRADUATE PROGRAMME > Corporate Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:42
Last Modified: 29 Dec 2023 07:42
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1143

Actions (login required)

View Item
View Item