Pengaruh Komodifikasi Konten Dan Personal Branding Micro-Influencer Melalui “By Me” Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia Feed

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Sefanya, Ruth Uli (2020) Pengaruh Komodifikasi Konten Dan Personal Branding Micro-Influencer Melalui “By Me” Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia Feed. PGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Konten pada saat ini telah menjadi suatu komoditas yang dapat dihargai sesuai dengan nilai yang berlaku di pasar. Tanpa kita sadari, komoditas konten ini telah menjadi konten yang kita konsumsi sehari-hari. Komodifikasi konten disertai dengan pemanfaatan personal branding micro-influencer yang diadaptasi dan diaplikasikan ke dalam platform e-commerce, menjadi suatu kebaruan yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komodifikasi konten dan personal branding micro-influencer melalui konten “By Me” terhadap keputusan pembelian di fitur Feed Tokopedia. Metode penelitian menggunakan metode survei kuesioner yang disebar kepada 100 pengguna Tokopedia di daerah DKI Jakarta dengan usia 18-30 tahun, pernah menggunakan fitur Feed, dan pernah mengakses konten “By Me”. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas yang menunjukkan keabsahan data, selain itu data dianalisis dengan uji korelasi yang menunjukkan adanya korelasi antar variabel. Uji koefisien determinasi menunjukkan variabel X berkontribusi terhadap variabel Y sebesar 74% dan sisanya 26% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Uji hipotesis didapatkan adanya pengaruh yang signifikan dari personal branding micro-influencer melalui “By Me” terhadap keputusan pembelian di Tokopedia Feed, di lain sisi, tidak terdapat pengaruh signifikan dari komodifikasi konten melalui “By Me” terhadap keputusan pembelian di Tokopedia Feed, namun Komodifikasi konten dan personal branding micro-influencer melalui “By Me” secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Tokopedia Feed

Kata kunci: Komodifikasi Konten, Citra Diri, Micro-Influencer, Keputusan Pembelian, E-commerce

Item Type: Thesis (PGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: POSTGRADUATE PROGRAMME > Corporate Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:33
Last Modified: 29 Dec 2023 07:33
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1148

Actions (login required)

View Item
View Item