Pengaruh Crisis Responsibility Dan Rebuilding Response Pln Melalui Twitter Terhadap Reputasi Perusahaan : Kasus Mati Listrik Massal 2019

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Yulianti, Wulan (2020) Pengaruh Crisis Responsibility Dan Rebuilding Response Pln Melalui Twitter Terhadap Reputasi Perusahaan : Kasus Mati Listrik Massal 2019. PGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Minggu 4 Agustus 2019 telah terjadi mati listrik massal yang memberikan kerugian bagi sektor usaha dan layanan publik hingga mencapai triliunan rupiah. Peristiwa ini berhasil menjadi tranding topik dunia di Twitter yang mengantarkan PLN pada situasi krisis. Perusahaan PLN telah memberikan tanggung jawab dan respon dalam menangani krisis, namun masih mendapatkan kritikan dari konsumen. Berlandaskan pada Situational Crisis Communication Theory (SCCT) crisis responsibility dan rebuilding response merupakan dimensi penting dalam penanganan sebuah krisis dan dapat berpengaruh pada reputasi perusahaan. Perkembangan sosial media yang terjadi saat ini juga memberikan peran dalam penanganan krisis yang dialami PLN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah crisis responsibility dan rebuilding response melalui twitter PLN mempengaruhi reputasi perusahaan. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada 100 followers Twitter PLN @PLN_123. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian, diketahui terdapat pengaruh variabel X1 crisis responsibility melalui twitter terhadap variabel reputasi perusahaan. Kemudian terdapat pengaruh variabel X2 terhadap variabel Y dengan hasil nilai t hitung 4.027dan sig 0.00, sehingga t hitung 4.027> t tabel 1,660 dan Sig 0,000 < 0,05. Lalu terdapat pengaruh secara bersama Crisis Responsibility (X1) dan rebuilding response (X2) PLN melalui Twitter terhadap Reputasi Perusahaan (Y), dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 42.145> F tabel 3,09. Hasil pengolaan data menunjukan terdapat pengaruh langsung crisis responsibility dan rebuilding response melalui Twitter PLN secara bersama sebesar 45,9% dan 54,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Kata kunci : Crisis Responsibility, Rebuilding Response, Reputation, PLN

Item Type: Thesis (PGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: POSTGRADUATE PROGRAMME > Corporate Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:33
Last Modified: 29 Dec 2023 07:33
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1149

Actions (login required)

View Item
View Item