Penggunaan Komunikasi Humor Dalam Memberikan Pengetahuan Politik Terhadap Generasi Milenials

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Alvina, Yasmin (2020) Penggunaan Komunikasi Humor Dalam Memberikan Pengetahuan Politik Terhadap Generasi Milenials. PGP-Non thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Generasi milenials merupakan bonus demografi yang dimiliki Indonesia. Dalam arti generasi milenials merupakan usia produktif yang diarahkan akan menjadi penerus tongkat estafet kepemimpinan bangsa. Karakteristik dari generasi milenials sendiri ialah inovatif, kreatif, berani dan modern. Namun sayangnya baru sebagian kecil dari generasi milenials yang tertarik akan isu politik tanah air. Justru sebagian besar lainnya apatis, diakibatkan kinerja politisi yang kerap kali terjerat kasus korupsi. Tidak dipungkiri, apapun lini usaha yang digeluti milenials, sebagai anak muda pasti akan bersinggungan dengan politik dan pemerintahan. Oleh karena itu melalui konsep social marketing yang bertujuan untuk memasarkan suatu ide agar tercapai perilaku yang lebih baik, maka karya non tesis yang berjudul Penggunaan Komunikasi Humor Dalam Memberikan Pengetahuan Politik Terhadap Generasi Milenials ini diimplementasikan. Pembuatan karya ini berbentuk video parodi program berita yang kental dengan unsur humor namun memiliki substansi isu politik yang disampaikan. Karya video ini pun akan diunggah ke salah satu digital media khusus anak muda yaitu channel youtube Asumsi.co. Penggunaan elemen humor dan parodi dalam karya non tesis ini dipilih karena kategori hiburan adalah kategori yang sangat diminati oleh generasi milenials. Terbukti melalui tayangan LYFE REPORT! ini, terdapat mayoritas respon positif dan secara tidak langsung membuka ruang diskusi politik kepada para penontonnya. Hal ini juga sesuai dengan model komunikasi DeFleur, yaitu merupakan proses komunikasi melalui media massa di mana penerima dapat memberikan umpan balik berupa respon kepada pengirim.

Item Type: Thesis (PGP-Non thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: POSTGRADUATE PROGRAMME > Marketing Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:26
Last Modified: 29 Dec 2023 07:26
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1174

Actions (login required)

View Item
View Item