Perencanaan Kampanye Anti-Hoax melalui Gerakan Literasi Media terhadap Kaum Milenial

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Wijaya, Clara Tirta and Elizabeth, Dessyca (2019) Perencanaan Kampanye Anti-Hoax melalui Gerakan Literasi Media terhadap Kaum Milenial. PGP-Non thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penyebaran hoax yang terus terjadi di kalangan milenial melalui media sosial mengakibatkan angka kasus hoax terus meningkat di Indonesia. Hoax ini memberikan kesadaran palsu terhadap pikiran sehingga generasi milenial sulit melihat informasi secara benar dan jelas. Terdapat dua tujuan dalam karya ini yaitu untuk merancang bentuk perencanaan kampanye anti-hoax dalam mengedukasi literasi media untuk kaum milenial dan meningkatkan kesadaran kaum milenial akan pentingnya literasi media terhadap anti-hoax pada 2019. Karya ini menggunakan beberapa teori yaitu literasi media, campaign, persuasi, media sosial, influencer, ambassador, dan kesadaran (consciousness). Tahap-tahap perencanaan dalam karya ini menggunakan “The 12 stages of Planning Public Relations Campaign” oleh Anne Gregory. Terdapat dua strategi yang digunakan di dalam perencanaan ini melalui komunikasi dua arah secara online dengan menggunakan media sosial Instagram dan offline (mengadakan sebuah event) yang direncanakan akan bertempat di mall guna untuk membentuk pemikiran publik akan pentingnya literasi media dalam memerang virus hoax. Kata Kunci : Hoax, Anti-hoax, Literasi Media, Kesadaran

Item Type: Thesis (PGP-Non thesis)
Uncontrolled Keywords: Corporate Communication
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: POSTGRADUATE PROGRAMME > Social and Mass Media Management
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:20
Last Modified: 29 Dec 2023 07:20
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1191

Actions (login required)

View Item
View Item