Risald, Baby Taszya and Oktaviani, Malinda and Safitri, Risky Anis (2019) Perencanaan Kegiatan Creative Festival by Karang Taruna dalam Rangka Meningkatkan Pemberdayaan Anggota Karang Taruna Wilayah DKI Jakarta. PGP-Non thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Era globalisasi telah banyak mengubah gaya hidup seseorang. Dengan perubahan yang sangat cepat dunia menjadi sangat dinamis dan saat ini manusia dituntut berfikir secara cepat dan kreatif dalam berbagai bidang termasuk di bidang ekonomi. Untuk memperbaiki kondisi ekonomi di Indonesia, saat ini (Fauziyah, 2017) pemerintah mulai mengeluarkan beberapa kebijakan. Salah satunya adalah dengan mengembangkan sektor ekonomi kreatif (creative economy). Dalam membantu menjalankan perekonomian daerah, pemerintah mengharapkan adanya kontribusi dari berbagai kalangan. Karang Taruna (Portal Resmi Provinsi Jawa Tengah, 2017) sebagai organisasi kepemudaan diharapkan menjadi garda terdepan dalam menumbuhkembangkan gotong royong di tengah masyarakat. Sehingga muncul kader-kader gotong royong yang bisa menjadi penggerak pembangunan daerah. Maka dari itu perlu dibuat suatu ruang bagi anggorta karang taruna untuk menumbuhkan minat kewirausahaan dalam pengembangan ekonomi kreatif berupa kegiatan pemberian edukasi, pelatihan, kompetisi dan aktifasi berupa bazaar. Pembuat karya membuat perencanaan kegiatan bertajuk “Creative Festival by Karang Taruna” dalam rangka meningkatkan pemberdayaan anggota karang Taruna wilayah DKI Jakarta untuk mengembangkan sector ekonomi kreatif serta mendapatkan media exposure yang maksimal. Dalam membuat perencanaan “Creative Festival by Karang Taruna” pembuat karya menggunakan 9 steps of strategic planning for public relations dalam menentukan langkah-langkah yang harus ditentukan. Dimana, perencanaan karya ini memiliki tiga strategi yaitu melalui key message, membuat dan menggunakan medium komunikasi dan membuat program yang berkelanjutan.
Kata kunci : Event, Marketing Public Relations Program, 9 steps of strategic planning for public relations, ekonomi kreatif, Karang Taruna, Pemberdayaan, Key Message, Sustainable Program
Item Type: | Thesis (PGP-Non thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | POSTGRADUATE PROGRAMME > Marketing Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 29 Dec 2023 07:16 |
Last Modified: | 29 Dec 2023 07:16 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1207 |