Arfahsita, Anita Savitri (2019) Peran Instagram dalam Menyampaikan Informasi dan Membentuk Citra PT Freeport Indonesia. PGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
PT Freeport Indonesia merupakan salah satu perusahaan tambang yang beroperasi di Indonesia yaitu Tembagapura, Papua. Perusahaan ini sering kali diterpa isu lingkungan dan sosial oleh karena itu PT Freeport berusaha membangun citra yang baik di mata publik dengan menggunakan media sosial instagram sebagai salah satu alat komunikasi perusahaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola isi media sosial PT Freeport Indonesia dalam menyampaikan informasi sesuai dengan kategori Reitz dan bagaimana citra dibentuk dari penggunaan media sosial instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi kuantitatif dan ditambah dengan wawancara sebagai usaha untuk mengkonfimasi hasil temuan. Sampel unit analisis yang digunakan adalah unggahan instagram PT Freeport Indonesia dari Januari 2019 hingga Juli 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total 103 unggahan, sebanyak 44 unggahan masuk ke dalam kategori organizational identity, 32 unggahan masuk dalam kategori CSR, 26 building relationship dan 1 issue management. Penggunaan instagram juga sebagai media untuk menjawab presepsi publik di mana PT Freeport dianggap sebagai perusahaan yang tertutup dan arogan, dengan menggunakan media sosial instagram perusahaan dapat membuka diri kepada publik.
Kata kunci: media sosial instagram, komunikasi perusahaan, citra perusahaan
Item Type: | Thesis (PGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | POSTGRADUATE PROGRAMME > Marketing Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 07:41 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 07:41 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1229 |