Maharani, Brigitta Novira (2019) Analisis Relasi Tanda-tanda dalam Membentuk Makna Kesetaraan Suami Istri pada Iklan Kecap ABC versi Suami Sejati mau Masak, Terima Kasih Kecap ABC. PGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian mengenai iklan Kecap ABC Versi Suami Sejati Mau Masak, Terima Kasih Kecap ABC ini berbasis semiotika. Jika pada beberapa jurnal ditemukan bahwa terdapat ketimpangan peran antara wanita dan pria dalam urusan domestik dimana perempuan dianggap sebagai yang paling bertanggungjawab, dalam iklan Kecap ABC ini menampilkan hal yang berbeda dimana terdapat kesetaraan antara wanita dan pria dalam hal tanggungjawab pekerjaan domestik. Kesetaraan ditemukan dalam tanda yang diteliti menggunakan semiotika Christian Metz dengan teknik sintagmatik. Dalam fokus penelitian, peneliti juga mengelompokkan aspek teknis mise-en-scene. Hasil penelitian ini memperlihatkan makna kesetaraan suami istri melalui tanda berupa pergerakan akting para pemain dan dialog, dimana ketika keduanya sama-sama bekerja, maka suami istri juga sama-sama bertanggungjawab dalam pekerjaan domestik.
Kata kunci: Semiotika, Kecap ABC, Kesetaraan Suami Istri
Item Type: | Thesis (PGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | POSTGRADUATE PROGRAMME > Marketing Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 07:39 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 07:39 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1232 |