Perencanaan Gastrodiplomacy dalam Mendukung Nation Branding Indonesia melalui Airline Meals Garuda Indonesia

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Savitri, Divania Citra and Jalaludin, .Jalaludin and Sarah, .Sarah (2019) Perencanaan Gastrodiplomacy dalam Mendukung Nation Branding Indonesia melalui Airline Meals Garuda Indonesia. PGP-Non thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia merupakan negara yang dikenal dengan keberagaman budayanya, termasuk di dalamnya kuliner. Saat ini, upaya dalam mengenalkan dan menduniakan makanan Indonesia sangat beragam, seperti dapat dilakukan melalui festival makanan dan acara kebudayaan. Garuda Indonesia merupakan salah satu aktor negara yang berupaya untuk menduniakan kuliner Indonesia melalui salah satu konsepnya yaitu taste. Konsep taste ini diimplementasikan dalam bentuk makanan bertemakan Indonesia yang disediakan di dalam pesawat untuk rute domestik maupun internasional yang biasa disebut dengan airline meals. Upaya Garuda Indonesia dalam menduniakan kuliner Indonesia dapat dijadikan sebagai inovasi Indonesia dalam melakukan gastrodiplomacy. Perencanaan karya ini menggunakan pendekatan kualitatif serta dianalisis dengan menggunakan konsep gastrodiplomacy, nationbranding, brand awareness, dan unique selling proposition. Perencanaan karya ini menunjukkan adanya acara seminar “Satay Nusantara” yang dijadikan sebagai langkah awal dalam menduniakan kuliner Indonesia, khususnya Sate untuk mendukung nation branding Indonesia. Hasil dari perencanaan karya ini ingin memperlihatkan bahwa untuk mencapai tingkat nation brandingdan menjadikan kuliner bangsa sebagai suatu ikon dapat dilakukan melalui penerbangan seperti yang dilakukan Garuda Indonesia. Tentunya disertai dengan kegiatan yang berkelanjutan.

Kata kunci: Brand Awareness, Event Management Process, Gastrodiplomacy, Nation Branding,Unique Selling Proposition, Garuda Indonesia

Item Type: Thesis (PGP-Non thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: POSTGRADUATE PROGRAMME > International Relations / Communications
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:36
Last Modified: 20 Dec 2023 07:36
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1267

Actions (login required)

View Item
View Item