Tanaka, Melis (2019) Hegemoni Hollywood pada Film The Greatest Showman (2017). PGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Film The Greatest Showman (2017) produksi 20th Century Fox merupakan salah satu dari film musikal yang sukses. Dengan teori hegemoni oleh Gramsci, konsep American Dream, dan pengetahuan praktis film, peneliti menganalisa praktik hegemoni yang terkandung dalam film tersebut. Menggunakan metodologi kualitatif dan paradigma kritis, peneliti juga turut menghubungkannya dengan analisa Critical Discourse Analysis(Analisis Wacana Kritis) oleh Norman Fairclough. Peneliti menemukan bahwa konsep American Dreamtercantum dalam elemen film. Distribusi dilakukan melalui PT. Omega Film sebagai distributor film Hollywood utama di Indonesia. Kegiatan promosi juga dilakukan dengan totalitas yaitu melalui unggahan aktif new mediadan produksi merchandise demi mendekatkan diri dengan target audiens. Sebagai peolopor film genre musikal, Hollywood diyakini masih memegang karya terbaik hingga kini. Film produksi Hollywood turut menyertakan praktik hegemoni bagi proses produksi, distribusi, dan eksibisi hingga mancanegara. Tidak hanya melalui rumah produksi 20th Century Fox, praktik hegemoni melalui konten juga ditemukan pada rumah produksi Hollywood lainnya.
Kata kunci: The Greatest Showman (2017), Hollywood, hegemoni, American Dream, film genre musikal.
Item Type: | Thesis (PGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | POSTGRADUATE PROGRAMME > ICBD |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 07:29 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 07:29 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1274 |