Analisis Semiotika : Makna Iklan Tokopedia Versi "Bergerak Bersama Indonesia"

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Medhavi, Dhita (2018) Analisis Semiotika : Makna Iklan Tokopedia Versi "Bergerak Bersama Indonesia". PGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Iklan dianggap sebagai media bagi perusahaan untuk menyampaikan pesan yang disusun sedemikian rupa dalam serangkaian scene-scene yang komprehensif. Sama halnya seperti film, iklan mengandung unsur naratif dan sinematik yang tidak hanya membawa informasi, namun hendak berkomunikasi dan mengkonstitusi sistem terstruktur dari tanda yang digunakan untuk menyampaikan makna. Iklan juga digunakan perusahaan sebagai strategi komunikasi pemasaran untuk menyelipkan pesan agar dapat menarik perhatian target sasarannya, salah satu contohnya adalah iklan Tokopedia versi “Bergerak Bersama Indonesia” di Youtube. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuimakna pesan berdasarkan tanda-tanda yang terdapat dalam iklan Tokopedia versi “Bergerak Bersama Indonesia” di Youtube melalui semiotika Barthes. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan mengandalkan paradigma interpretif. Sebuah studi pemasaran komunikasi yang ditawarkan oleh Roland Barthes dalam teori semiotik merupakan landasan peneliti untuk mengetahui bagaimana pemaknaan iklan berdasarkan aspek penanda dan petanda serta aspek denotasi, konotasi, dan mitologi yang terdapat pada iklan Tokopedia. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat tanda-tanda dalam iklan yang merepresentasikan makna kerja keras, motivasi, dan keinginan untuk maju bersama dengan Tokopedia yang dikaitkan dengan mitos dari segi sosial, ekonomi, dan teknologi yang dipercaya masyarakat. Mitologi yang ditemukan dalam iklan adalah kontribusi dan peran e-commerce Tokopedia selama 8 tahun dalam mewujudkan peluang dan kesempatan untuk pemerataan ekonomi masyarakat Indonesia khususnya bagi para pelaku UMKM.

Kata Kunci: Semiotika, Mitologi, Iklan, Tanda, Youtube

Item Type: Thesis (PGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: POSTGRADUATE PROGRAMME > Marketing Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:27
Last Modified: 20 Dec 2023 07:27
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1296

Actions (login required)

View Item
View Item