Analisis Makna Video Klip Agnez Mo: Long As I Get Paid Ditinjau Dari Semiotika Roland Barthes

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Alverina, Cornelia (2018) Analisis Makna Video Klip Agnez Mo: Long As I Get Paid Ditinjau Dari Semiotika Roland Barthes. PGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agnez Mo, musisi dan seniman asal Indonesia yang memiliki banyak prestasi tetapi tidak luput dari berbagai kontroversi di mata masyarakat, mengeluarkan video klip internasional keduanya yang berjudul “Long As I Get Paid” pada 22 September 2017 melalui YouTube official accountAgnezMoOfficialVEVO. Video klip berdurasi 4 menit 36 detik ini menjadi trending topik nomor 1 di YouTube Indonesia dengan lebih dari 7 juta viewers dalam waktu kurang dari 7 hari. Meski menjadi trending dan banyak diulas secara positif di berbagai media termasuk media internasional, namun terdapat pula banyak komentar negatif yang justru kebanyakan datang dari masyarakat Indonesia. Hal ini menunjukkan adanya polisemi atau perbedaan pemahaman sehingga menjadikan video klip ini menarik untuk diteliti. Untuk memahami makna yang ingin disampaikan oleh pembuat video klip, maka dilakukan analisis penelitian yang menggunakan metode kualitatif interpretif yang merujuk pada teori Semiotika dari sudut pandang Roland Barthes. Dengan melakukan analisis denotatif, konotatif, dan proses pembentukan mitos oleh pihak dominan berdasarkan unsur naratif dan sinematik video klip, didapatkan makna bahwa video klip menunjukkan keagungan dan sisi liar atau fantasi wanita di saat yang sama dalam meraih ambisi karirnya untuk menguasai pasar internasional.

Kata kunci: Video Klip, Agnez Mo, Semiotika, Roland Barthes

Item Type: Thesis (PGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: POSTGRADUATE PROGRAMME > Marketing Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:26
Last Modified: 20 Dec 2023 07:26
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1303

Actions (login required)

View Item
View Item