Lesmana, Dionisius (2018) Model Penyusunan Pesan Pada Instagram Keds Indonesia Dalam Campaign "Ladies First since 1916" Oleh Metrox Group. PGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Inovasi teknologi menghadirkan internet sebagai jaringan yang digunakan pada media sosial. Fenomena penggunaan media sosial semakin meningkat, khususnya Instagram. Kini, Instagram juga digunakan perusahaan sebagai media komunikasi seperti yang dilakukan Metrox Group dalam mengelola Keds pada Campaign “Ladies First Since 1916”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan dan penyusunan pesan pada Instagram dalam campaign tersebut oleh Metrox Group. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif melalui wawancara dengan pihak Metrox Group dan followers. Hasil penelitian menunjukan proses perencanaan pesan dimulai dari memilih Instagram sebagai media paling efektif, menentukan tujuan dan strategi yang berkembang disesuaikan dengan perkembangan fitur, alur perencanaan pesan berdasarkan guidelines yang disesuaikan, serta kendala dalam perencanaan pesan pada ide, isi, dan desain pesan. Logika ekspresif terdapat pada konten wanita seperti motivational quotes, style reference, dan desain. Logika konvensional terdapat pada fitur bio, Insta Story, Highlights, interaksi, konsistensi konten, caption, dan jadwal upload. Logika retoris terdapat pada konten kuis, challenge, hashtag, penggunaan influencer, endorser, fitur swipe up, alamat website.Logika penyusunan pesan tersebut terlihat dalam elemen tujuan dan strategi pesan pada perencanaan pesan. Proses komunikasi dengan teknologi komputer online menggunakan jaringan internet menujukan adanya proses computer mediated communication. Saran yang diberikan agar penelitian selanjutnya dapat melihat bagaimana proses komunikasi terjadi secara online melalui media sosial serta perusahaan dapat menggunakan Instagram untuk membuat konten yang efektif sesuai tujuan komunikasi..
Kata kunci: Model penyusunan pesan, perencanaan pesan, logika penyusunan pesan, corporate communication
Item Type: | Thesis (PGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | POSTGRADUATE PROGRAMME > Corporate Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 07:36 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 07:36 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1327 |