Proses Difusi Inovasi E-Agribusiness : Regopantes Pada End User Komoditas Pertanian Di Jabodeta

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Maydora, Eki Yoan (2018) Proses Difusi Inovasi E-Agribusiness : Regopantes Pada End User Komoditas Pertanian Di Jabodeta. PGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menghadirkan solusi untuk masalah-masalah sosial di berbagai sektor. Salah satunya yang sedang berkembang yaitu teknologi pada sektor pertanian berupa platform penghubung petani dengan pengguna komoditas pertanian secara langsung, sehingga memotong rantai panjang distribusi. 8villages sebagai sebuah perusahaan pengembang aplikasi yang fokus pada permasalahan penduduk di pedesaan meluncurkan RegoPantes, e-agribusiness atau e-commerce khusus pertanian untuk membantu petani menerima harga yang pantas pada setiap hasil tani yang dijualnya. Penelitian ini menganalisa proses difusi inovasi RegoPantes sebagai e-agribusiness baru untuk membantu meningkatkan kesejahteraan petani. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi agensi difusi yang menyebarkan informasi mengenai inovasi RegoPantes kepada publik secara khusus ibu rumah tangga sebagai pengguna akhir komoditas pertanian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai difusi inovasi RegoPantes. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 8villages memilih pendekatan public relationsyang meliputi press relationsdalam menyebarkan informasi mengenai RegoPantes. Meskipun telah mendapatkan banyak publikasi dari berbagai media, namun adopsi inovasi oleh pengguna akhir komoditas pertanian masih belum maksimal.

Kata kunci :e-agribusiness, pertanian, teknologi, inovasi,difusi inovasi,proses difusi inovasi

Item Type: Thesis (PGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: POSTGRADUATE PROGRAMME > Corporate Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:11
Last Modified: 29 Dec 2023 07:11
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1334

Actions (login required)

View Item
View Item