Mitos Olahraga Dan Kesetaraan: Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Kampanye Nike “Equality”

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Assegaf, Achmad Hamudi (2018) Mitos Olahraga Dan Kesetaraan: Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Kampanye Nike “Equality”. PGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Beriringan dengan maraknya aksi protes dan perbincangan mengenai isu-isu kesetaraanyang telah menjadi perhatian dunia, juga bertepatan momentum Black History Month2017 di Amerika Serikat, Nike--salah satu perusahaan pakaian olahraga terbesar dunia --merilis sebuah kampanye bertajuk “Equality” melalui sebuah video hitam-putih berdurasi 1 menit yang diunggah melalui kanal YouTube resminya yang dibintangi oleh nama-nama besar seperti Michael B. Jordan, LeBron James, dan Serena Williams. Nike mengatakan bahwa kampanye tersebut bertujuan mengajak masyarakat untuk menerapkan kesetaraan dan rasa hormat yang ada dalam olahraga ke dalam kehidupan sehari-hari. Menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes, dengan metode kualitatif interpretif, peneliti hendak memahami makna dan pesan dalam video tersebut dengan mengungkap mitos yang dikonstruksi oleh pembuat video (Nike) berdasarkan simbol-simbol dan sistem signifikasi yang ada. Disertai gagasan-gagasan Jean Baudillard tentang iklan dan konsumsi sebagai pendukung teori utama, peneliti berhasil memahami bahwa melalui kampanye “Equality”, Nike berupaya menciptakan mitos dengan melambungkan nilaiolahraga sebagai aktivitas yang lebih dari sekedar adu fisik ataupun menang-kalah. Nike hendak menciptakan mitos bahwa olahraga mencerminkan nilai-nilai kehidupan sosial seperti sikap saling hormat, persaudaraan, dan kesetaraan yang kemudian mitos ini dapat mempersuasi masyarakat untuk melakukan konsumsi.

Kata kunci: Kesetaraan, Olahraga, Semiotika, Mitos, Konsumsi

Item Type: Thesis (PGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: POSTGRADUATE PROGRAMME > International Relations / Communications
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:05
Last Modified: 29 Dec 2023 07:05
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1357

Actions (login required)

View Item
View Item