Perancangan Media Edukasi Digital "Girl Powerism" Bertema Isu Perempuan dan Feminisme

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Fajriani, Raisa Aminur (2022) Perancangan Media Edukasi Digital "Girl Powerism" Bertema Isu Perempuan dan Feminisme. UGP-Non thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adanya stigma-stigma sosial yang masih berkembang di tengah masyarakat hingga saat ini, telah banyak merugikan perempuan di kehidupan setiap harinya. Perempuan kerap dihadapkan pada posisi yang kurang menguntungkan. Akibatnya perempuan banyak menerima perlakuan kurang adil, seperti diskriminasi gender yang berujung pada kekerasan seksual, seksisme, patriarki, dan lain-lain. Selain itu, kesehatan mental dan self-esteem perempuan juga turut terdampak. Apabila kelanggengan dari stigma sosial terus berlanjut, maka perempuan akan selalu menerima diskriminasi. Maka dari itu, perubahan pun harus dilakukan. Pihak yang memiliki kesempatan terbesar dalam memberikan perubahan adalah generasi penerus bangsa, yang saat ini dipegang oleh Generasi Z. Media digital “Girl Powerism” merupakan media digital yang bertujuan untuk mengedukasi generasi muda mengenai isu-isu yang dialami oleh perempuan, bagaimana pentingnya memberdayakan perempuan, membentuk pribadi yang kritis dan memiliki jiwa feminisme sejak dini. Girl Powerism juga dapat menjadi platform pilihan anak muda dalam mengekspresikan diri melalui fitur User Generated Content. Media ini beroperasi melalui media sosial Instagram, Twitter dan juga situs web, dengan memberikan informasi edukatif melalui konten desain visual dan strategi pesan yang disesuaikan dengan sisi psikologis dan sosiologis Generasi Z. Karya ini menggunakan metode SOSTAC sebagai acuan dalam merancang media digital yang tepat, dan menjadikan Jurnal Perempuan sebagai sumber utama dalam penulisan artikel.

Kata kunci: Media digital, Pemberdayaan Perempuan, Generasi Z, SOSTAC

Item Type: Thesis (UGP-Non thesis)
Uncontrolled Keywords: Digital Media Communication & Advertising
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Broadcasting and Digital Media Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 29 Dec 2023 06:57
Last Modified: 29 Dec 2023 06:57
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1379

Actions (login required)

View Item
View Item