Hakim, Dini Islamy Wahdati and Pratama, Egy Putra and Faiz, Muhammad (2021) Pembuatan Podcast "Waktu Indonesia Bucin" Sebagai Media Promosi Dalam Platform Sosial Media Youtube. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Layanan streaming yang makin disukai di masa sekarang mempengaruhi perilaku manusia dalam mengkonsumsi hiburan-hiburan yang ada, munculnya podcast sebagai sebuah perkembangan teknologi yang fleksibel memunculkan pengalaman baru bagi penggunanya dan penggiat dalam sarana berekspresi. Podcast sebagai media yang fleksibel dan mudah dijangkau dengan tema atau isu yang diangkat berdekatan dengan lingkup masyarakat umum menunjukan bahwa podcast merupakan media yang digemari, dengan kemudahannya tersebut podcast juga menjadi sarana baru dalam media iklan atau promosi. Dengan kemudahan dan keterjangkauan podcast di beberapa aplikasi mainstream seperti Youtube, hal ini akan memberi banyak keuntungan bagi para penggiat didalamnya. Pembuatan karya non-skripsi yang berfokus pada pembahasan tentang podcast dengan tema percintaan yang dalam karya ini disebut “Bucin” diharapkan akan mempermudah cara menyalurkan iklan menggunakan media podcast di dalamnya yang dapat diterima secara audio visual. Dengan melalui tahapan pra-production, pre-production hingga post production pembuatan karya ini sangat memperhatikan identifikasi tentang permasalahan yang akan diangkat, konsep, rancangan biaya, tahap persiapan, hingga batas-batas dalam produksi karya podcast “Waktu Indonesia Bucin”. Hasil karya podcast “Waktu Indonesia Bucin” yang berdurasi sekitar 15-45 menit dengan berjumlah 8 episode yang dapat diakses melalui Youtube. Mahalnya biaya yang dibutuhkan untuk beriklan di media mainstream seperti televisi, membuat media streaming seperti Youtube adalah salah satu solusi untuk mendapatkan promosi dengan biaya yang lebih terjangkau. Terjangkaunya biaya untuk beriklan di Youtube membuat Youtube menjadi pilihan utama untuk beriklan, seperti yang dilakukan peneliti dalam pembuatan podcast ini sebagai media promosi.
Kata Kunci : Podcast, Media Streaming, Youtube, Media Promosi, Sosial Media, Video Podcast
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Media Communication & Advertising |
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Broadcasting and Digital Media Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 29 Dec 2023 06:55 |
Last Modified: | 29 Dec 2023 06:55 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1384 |