Ulwan, Muhammad Afif (2021) Representasi Wiro Sableng dalam Iklan Game Arena of Valor. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Wiro Sableng merupakan cerita rakyat yang ditulis oleh Bastian Tito. Cerita Wiro Sableng pun sudah menjadi bagian dari cerita rakyat khas Indonesia. Wiro Sableng adalah seorang pendekar lokal khas Indonesia yang mempunyai senjata kapak bernama Kapak Maut Naga Geni 212 pemberian gurunya, Sinto Gendeng, yang sudah mengajarkan dan merawat Wiro Sableng selama 17 tahun. Peneliti tertarik meneliti iklan “AOV Siap Sableng – Dapatkan Wiro Permanen Gratis di AOV” dikarenakan game Arena of Valor merilis karakter lokal khas Indonesia pertama ke dalam game tersebut yaitu, Wiro Sableng. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini diperoleh dari skema signifikasi dua tahap semiotika Roland Barthes. Melalui Teori semiotika Roland Barthes, penelitian ini membuktikan bahwa penggambaran karakter Wiro Sableng dalam iklan “AOV Siap Sableng – Dapatkan Wiro Permanen Gratis di AOV” berkaitan erat dengan film ”Wiro Sableng Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212” yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko.
Kata Kunci: Representasi, Semiotika, Wiro Sableng, Iklan, Game Arena of Valor
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Media Communication & Advertising |
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Broadcasting and Digital Media Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 29 Dec 2023 06:55 |
Last Modified: | 29 Dec 2023 06:55 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1386 |