Silalahi, Eva Christy Veronica (2020) Persepsi Khalayak Sasaran pada Iklan Digital E-Commerce Tokopedia Versi “Berikan yang Paling Berarti untuk yang Berarti”. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan internet yang pesat mengubah kebiasaan berbelanja khalayak yang semula dilakukan secara konvensional menjadi daring (online) melalui e-commerce. Adanya persaingan yang ketat di antara perusahaan e-commerce di Indonesia mendorong e-commerce Tokopedia untuk melakukan periklanan demi menarik perhatian khalayak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi khalayak sasaran terhadap iklan Tokopedia, khususnya iklan Tokopedia versi “Berikan yang Paling Berarti untuk yang Berarti”. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori persepsi menurut Belch & Belch yang terbagi menjadi empat dimensi, yaitu paparan (exposure), atensi (attention), pemahaman (comprehension), serta ingatan (retention). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan aplikasi Google Form terhadap 100 responden berusia 20-40 tahun dan berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa khalayak sasaran memiliki persepsi yang positif terhadap iklan Tokopedia versi “Berikan yang Paling Berarti untuk yang Berarti”, di mana nilai rata-rata keseluruhan dimensi persepsi adalah 4,35 dan berada pada rentang skala sangat setuju.
Kata Kunci : persepsi, iklan digital, e-commerce
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Media Communication & Advertising |
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Broadcasting and Digital Media Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 29 Dec 2023 06:54 |
Last Modified: | 29 Dec 2023 06:54 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1391 |