Studi Naratif Tokoh Link Pada Video Promosi Game The Legend Of Zelda: Breath Of The Wild

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Khalilafaira, Vibra Putri (2020) Studi Naratif Tokoh Link Pada Video Promosi Game The Legend Of Zelda: Breath Of The Wild. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nintendo Switch yang rilis pada tanggal 3 Maret 2017 telah terjual lebih dari 1,5 juta unit pada minggu pertama peluncurannya. Rinciannya adalah sekitar 500.000 konsol di AS, 360.000 di Jepang, 110.000 di Perancis dan 85.000 di Inggris. Sekitar 89% pembeli juga telah membeli The Legend of Zelda: Breath of the Wild yaitu sekitar 1,34 juta penjualan game. Padahal saat perilisan Nintendo Switch hanya mengeluarkan 2 game, yang salah satunya adalah The Legend of Zelda: Breath of the Wild. Harga konsol dan gamenya juga tidak murah, Nintendo Switch adalah $299.99 dan untuk game The Legend of Zelda: Breath of the Wild adalah $59.99. Video promosi The Legend of Zelda: Breath of the Wild sendiri sudah ditonton 20,162,770 views. Video Promosi ini kemudian diteliti menggunakan penelitian studi naratif oleh Vladimir Propp. Fungsi narasi bagi Propp dipahami sebagai tindakan dari sebuah karakter yang didefinisikan berdasarkan sudut pandang signifikansinya sebagai bagian dari tindakannya dalam teks. Dengan menggunakan penelitian studi naratif Vladimir Propp ditemukan 17 fungsi narasi dari 31 fungsi narasi Vladimir Propp dengan urutan ↑ β δ Pr6 Rs8 F2 M G1 D1 Q A19 H1 J1 ↓ U K B1. Urutan berdasarkan nama fungsinya yaitu Keberangkatan, Absensi, Kekerasan, Pengejaran, Pertolongan, Resep dari Dukun atau Paranormal, Tugas Berat, Pemindahan Ruang, Fungsi Pertama Seorang Pemberi, Pengenalan, Kejahatan, Perjuangan, Cap, Kembali, Hukuman, Pembubaran, Mediasi. Video promosi ini ternyata memiliki alur cerita maju mundur kemudian maju lagi yang berbeda dengan fungsi narasi Propp yang mengacu pada alur maju.

Kata Kunci : Studi naratif, Video Promosi, Game, Nintendo, Vladimir Propp

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Digital Media Communication & Advertising
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Broadcasting and Digital Media Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 29 Dec 2023 06:51
Last Modified: 29 Dec 2023 06:51
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1400

Actions (login required)

View Item
View Item