Pelaksanaan Kampanye “#AbsoluteMe” bersama Into The Light Indonesia untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Remaja

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Angelica, Devina and Basanti, Indah Deska and Gunawan, Jane (2019) Pelaksanaan Kampanye “#AbsoluteMe” bersama Into The Light Indonesia untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Remaja. UGP-Non thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam jurnal Lancet Child & Adolescent Health yang dipublikasikan tahun 2018(Anggraini, 2018), para ilmuwan memperpanjang rentang usia remaja yakni mulai usia 10 sampai dengan 24 tahun. Menurut Soetjiningsih (2004), remaja akan dihadapkan oleh dua tugas utama, yaitu mencapai ukuran kebebasan dan kemandirian dari orang tua dan membentuk identitas untuk tercapainya integritas diri dan kematangan pribadi. Fenomena di kalangan remaja yang terjadi belakangan ini adalah munculnya tantangan tidak sehat yang diikuti oleh anak remaja dan tidak jarang menyakiti dirinya sendiri demi ketenaran semata di dunia maya (Yusuf,2018). Selain itu, ada juga tren Finstagram atau second account di kalangan remaja yang menurut Psikolog Elizabeth Santoso (Moriand, 2018) merupakan indikasi adanya dua kepribadian dan dapat berujung pada depresi. Fenomena ini terjadi dikarenakan rendahnya rasa penerimaan diri di kalangan remaja. Penerimaan diri menurut Chaplin adalah sikap yang pada dasarnya merasa puas dengan diri sendiri, kualitas-kualitas, dan bakat-bakat diri sendiri, dan pengakuan atas kertebatasan-keterbatasan diri. Berdasarkan fenomena ini pembuat karya bersama Into The Light Indonesia membuat sebuah kampanye yang mengangkat isu penerimaan diri di kalangan remaja dan diberikan tajuk #AbsoluteMe. Hal ini sesuai dengan salah satu kegiatan Public Relations yaitu mengkampanyekan masalah kemasyarakatan. Kampanye “#AbsoluteMe” menggunakan 6 langkah POSTAR menurut Goldsworthy & Morris yang terdiri dari Positioning, Objective, Strategy, Tactics, Administration, and Results. Dengan adanya pelaksanaan kampanye ini diharapkan dapat tercapainya tujuan yaitu meningkatkan penerimaan diri di kalangan remaja.

Kata kunci : Kampanye, Public Relations, Penerimaan Diri

Item Type: Thesis (UGP-Non thesis)
Uncontrolled Keywords: Digital Media Communication & Advertising Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Broadcasting and Digital Media Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 29 Dec 2023 06:45
Last Modified: 10 Jan 2024 02:46
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1419

Actions (login required)

View Item
View Item