Analisis Kampanye #MadeRight Dalam Menciptakan Kesadaran Sustainable Fashion Melalui Pendekatan SMCRE

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Christy, Adelynn (2022) Analisis Kampanye #MadeRight Dalam Menciptakan Kesadaran Sustainable Fashion Melalui Pendekatan SMCRE. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sustainable fashion menjadi sebuah gerakan dari industri mode, guna menjadi salah satu sektor industri yang ikut berkontribusi dalam SDG. Dalam perkembangan industri mode agar menjadi lebih berkelanjutan, ada peran komunikasi yang dibutuhkan sehingga publik menyadari isu limbah tekstil yang semakin hari dapat merusak sosial lingkungan. Akan tetapi, menciptakan kesadaran terkait sustainable fashion juga memiliki tantangan tersendiri dikarenakan selalu ada publik yang pro dan kontra sebagai efek dari komunikasi, khususnya mengenai sustainable fashion. Maka untuk memperoleh informasi dari sudut pandang yang berbeda-beda, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam penelitiannya, dengan wawancara semi terstruktur sebagai teknik pengumpulan data dan menggunakan teori SMCRE. Setelah melakukan wawancara dengan 4 narasumber untuk menganalisis pendapat yang beragam terkait sustainable fashion, peneliti berhasil mendapatkan hasil bahwa tidak hanya kesadaran sustainable fashion dapat tercipta melalui kampanye komunikasi yang efektif, namun aksi dan perubahan perilaku dari setiap individu akan sangat bermakna bagi perkembangan sustainable fashion. Upaya yang dilakukan Sukkha Citta dari sisi proses komunikasinya guna menciptakan kesadaran publik juga mendorong timbulnya harapan dan inisiatif baru untuk melestarikan bumi dengan penyampaian pesan yang lebih kreatif.

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions:
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 02 Jan 2024 01:34
Last Modified: 02 Jan 2024 01:34
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1430

Actions (login required)

View Item
View Item