Christy, Adelynn (2022) Analisis Kampanye #MadeRight Dalam Menciptakan Kesadaran Sustainable Fashion Melalui Pendekatan SMCRE. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Sustainable fashion menjadi sebuah gerakan dari industri mode, guna menjadi salah satu sektor industri yang ikut berkontribusi dalam SDG. Dalam perkembangan industri mode agar menjadi lebih berkelanjutan, ada peran komunikasi yang dibutuhkan sehingga publik menyadari isu limbah tekstil yang semakin hari dapat merusak sosial lingkungan. Akan tetapi, menciptakan kesadaran terkait sustainable fashion juga memiliki tantangan tersendiri dikarenakan selalu ada publik yang pro dan kontra sebagai efek dari komunikasi, khususnya mengenai sustainable fashion. Maka untuk memperoleh informasi dari sudut pandang yang berbeda-beda, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam penelitiannya, dengan wawancara semi terstruktur sebagai teknik pengumpulan data dan menggunakan teori SMCRE. Setelah melakukan wawancara dengan 4 narasumber untuk menganalisis pendapat yang beragam terkait sustainable fashion, peneliti berhasil mendapatkan hasil bahwa tidak hanya kesadaran sustainable fashion dapat tercipta melalui kampanye komunikasi yang efektif, namun aksi dan perubahan perilaku dari setiap individu akan sangat bermakna bagi perkembangan sustainable fashion. Upaya yang dilakukan Sukkha Citta dari sisi proses komunikasinya guna menciptakan kesadaran publik juga mendorong timbulnya harapan dan inisiatif baru untuk melestarikan bumi dengan penyampaian pesan yang lebih kreatif.
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 02 Jan 2024 01:34 |
Last Modified: | 02 Jan 2024 01:34 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1430 |