Analisis Implementasi Komunikasi Publik Dalam Program Umkm Active Selling Kementerian Komunikasi Dan Informatika Tahun 2021 (Studi Kasus Wilayah Sulawesi Tenggara)

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Anggita, Adinda Dewi (2022) Analisis Implementasi Komunikasi Publik Dalam Program Umkm Active Selling Kementerian Komunikasi Dan Informatika Tahun 2021 (Studi Kasus Wilayah Sulawesi Tenggara). UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebagai salah satu wilayah pariwisata prioritas di Indonesia, Sulawesi Tenggara menjadi bagian dari target wilayah pada Program UMKM Active Selling Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2021. Rendahnya tingkat pengetahuan dan pemanfaatan teknologi oleh UMKM menjadi tantangan bagi fasilitator di wilayah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memahami implementasi komunikasi publik yang dilakukan fasilitator Sulawesi Tenggara dari segi partisipasi publik pada Program UMKM Active Selling Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan paradigma interpretatif dan pendekatan studi kasus. Berdasarkan hasil wawancara dengan enam narasumber dan dokumentasi, peneliti menyimpulkan bahwa latar belakang masalah yang ada tidak menjadi keterbatasan fasilitator untuk mengimplementasikan komunikasi publik di wilayah tersebut. Bahkan, levels of participation UMKM berada pada level tertinggi, yaitu empower. Level tersebut didapat karena didukung dengan implementasi komunikasi publik yang dijalankan fasilitator. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyarankan fasilitator dapat menyediakan saluran komunikasi publik yang paling sesuai dengan kondisi latar belakang UMKM, sehingga dapat menghasilkan umpan balik yang positif. Selain itu, agar saluran komunikasi yang dimiliki Kementerian Kominfo dapat dimaksimalkan penggunaannya untuk memperluas penyebaran informasi mengenai program, sehingga menjangkau lebih banyak audiens dan lebih tersentralisasi.

Kata kunci: Komunikasi Publik, Partisipasi Publik, Public Participation Spectrum, Kominfo, UMKM Active Selling, Sulawesi Tenggara.

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 02 Jan 2024 01:39
Last Modified: 15 Jan 2024 01:43
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1431

Actions (login required)

View Item
View Item