Analisis Strategi Kampanye Cretivox Dalam Mendukung UMKM Melalui Kitabisa.com: Digital Bergerak "For The People"

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Shafira, Andrea Dyah Arga (2022) Analisis Strategi Kampanye Cretivox Dalam Mendukung UMKM Melalui Kitabisa.com: Digital Bergerak "For The People". UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini berangkat dari adanya fenomena pandemi COVID-19 yang merupakan fenomena baru yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Penelitian ini membahas tentang Strategi Kampanye sosial yang dilakukan oleh Cretivox melalui Digital Bergerak “For The People” yang bertujuan untuk membantu para pedagang UMKM yang terkena dampak akibat pandemi COVID-19. Kampanye ini berbentuk penggalangan dana melalui kitabisa.com. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi kampanye yang digunakan Cretivox melalui Digital Bergerak untuk mendukung UMKM. Konsep utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep Public Relations dengan mengimplementasikan empat proses strategi Public Relations yang terdiri dari; Fact Finding (Pencarian Fakta) , Planning (Perencanaan dan Program), Communication (Komunikasi dan Aksi), dan Evaluation (Evaluasi). Metodologi yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Wawancara mendalam dilakukan dengan dua narasumber internal dan satu eksternal guna memperoleh data primer penelitian, studi Pustaka juga digunakan untuk melengkapi data yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa pihak Cretivox sudah menggunakan empat langkah strategi Public Relations. Penggunaan media sosial terutama Instagram menjadi media yang paling efektif untuk kampanye “For The People” ini sehingga penyampaian pesan atau isi dari kampanye ini tersampaikan dengan baik dan tepat sehingga tercapainya tujuan utama dari kampanye ini.

Kata Kunci: Strategi Kampanye, Kampanye Sosial, Public Relations, Cretivox, UMKM.

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 02 Jan 2024 02:06
Last Modified: 15 Jan 2024 01:51
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1438

Actions (login required)

View Item
View Item