Arfiena, .Arfiena (2022) Analisis Pesan Moral Film "Orang Kaya Baru" Menurut Semiotik Charles Sanders Peirce. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Film adalah media yang melibatkan bentuk-bentuk simbol audio dan visual. Film dipergunakan sebagai bentuk hiburan dan pelepas penat, namun juga memiliki pengaruh yang cukup besar untuk menyalurkan pesan-pesan dan simbol-simbol kepada penontonnya. Pesan dalam sebuah film terinspirasi dari fenomena yang terjadi di tengah masyarakat. Salah satu contohnya film ‘Orang Kaya Baru’. Penelitian ini menganalisis film drama komedi keluarga berjudul ‘Orang Kaya Baru’ tahun 2019 yang disutradarai oleh Ody C. Harahap dan berdurasi 99 menit. Film Orang Kaya Baru menceritakan tentang kisah sebuah keluarga sederhana yang mendadak kaya raya dan menghambur-hamburkan harta warisan yang dimiliki. Saat ini, pandangan gaya hidup hedonisme semakin luas dengan menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi, perilaku boros, berfoya-foya adalah tujuan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan dan menganalisis pesan moral dari film Orang Kaya Baru. Fokus penelitian ini berupa pesan moral dari scene-scene menggambarkan hedonisme yang dilakukan oleh tokoh utama. Dalam penelitian ini, digunakan metode analisis semiotika Charles Sanders Peirce dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik analisis data dilakukan dengan model segitiga semiotika Peirce yaitu representament, objek, dan interpretant. Penelitian mendapati hasil bahwa pesan moral dari film Orang Kaya Baru adalah tentang hidup dalam kesederhanaan dengan pergunakan uang secara bijaksana dan secukupnya tidak berlebihan, serta mengingatkan bahwa dalam hidup yang terpenting adalah keluarga dan sahabat.
Kata kunci: film Orang Kaya Baru, kualitatif, moral, pesan, semiotika Peirce.
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Public Relations |
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 02 Jan 2024 02:38 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 02:02 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1446 |