"Pengaruh Kampanye #dirumahaja Selama Masa Pandemi Covid-19 terhadap Perubahan Perilaku Generasi Z di Jakarta Timur "

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Kardijaya, Celia Marleen (2022) "Pengaruh Kampanye #dirumahaja Selama Masa Pandemi Covid-19 terhadap Perubahan Perilaku Generasi Z di Jakarta Timur ". UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Munculnya pandemi Covid-19 di Indonesia mengharuskan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, salah satunya dengan mengikuti imbauan yang disampaikan pemerintah, yaitu Presiden Joko Widodo melalui Kampanye dengan tagline #dirumahaja. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif kausalitas. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari studi dokumentasi dan kuesioner dengan sampel penelitian berjumlah 100 responden followers @kelurahancawang yang disesuaikan dengan Teori SOR (Stimulus - Organism - Response). Hasil analisis dihitung menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) dan diperoleh kesimpulan bahwa Kampanye #dirumahaja memiliki pengaruh sebesar 50,3% Terhadap Perubahan Perilaku Generasi Z di Jakarta Timur. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa indikator yang dominan dalam Variabel X (Kampanye #dirumahaja) adalah media kampanye, dalam penelitian ini adalah media sosial. Media sosial khususnya instagram adalah media yang dipilih responden sebagai media yang efektif dalam menyampaikan pesan kampanye. Sementara itu pada Variabel Y (Perubahan Perilaku Generasi Z), indikator yang dominan adalah persiapan. Tahap persiapan dalam penelitian ini merupakan tindakan responden berupa perubahan perilaku yang didasari sesuai atau tidaknya pesan kampanye jika perilaku responden berubah. Sejalan dengan kesimpulan di atas, saran dari peneliti adalah penelitian lanjutan secara kualitatif untuk mengkaji lebih dalam faktor lain terkait Kampanye #dirumahaja dan penggunaan media sosial dapat menjadi pertimbangan sebagai media dalam menyampaikan pesan kampanye.

Kata Kunci: kampanye, perubahan perilaku, teori SOR, Covid-19, media sosial

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 02 Jan 2024 02:48
Last Modified: 15 Jan 2024 02:05
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1448

Actions (login required)

View Item
View Item