Strategi Public Relations PT Bukalapak.com dalam Mempertahankan Reputasi Perusahaan pada Program Mitra Bukalapak

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Salsabila, Dina Nurfitria (2022) Strategi Public Relations PT Bukalapak.com dalam Mempertahankan Reputasi Perusahaan pada Program Mitra Bukalapak. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring dengan masuknya teknologi di segala bidang kehidupan, berpengaruh terhadap perkembangan perdagangan elektronik atau e-commerce di seluruh dunia tidak terkecuali di Indonesia. Sebagai salah satu jenis bisnis baru di Indonesia, tentunya setiap perusahaan e-commerce berbasis marketplace membutuhkan reputasi yang baik di mata masyarakat. Public Relations memiliki peran untuk membangun reputasi perusahaan melalui strategi yang baik dan efektif. Reputasi dibentuk dalam jangka waktu yang lama dan dibutuhkan strategi khusus untuk membentuk kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan. Salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia adalah Bukalapak yang memiliki reputasi sebagai start up e-commerce asli buatan anak bangsa. Bukalapak telah bertahan selama 12 tahun dan telah menjadi salah satu perusahaan startup e-commerce terbesar di Indonesia. Bukalapak berkomitmen untuk membantu mengembangkan UMKM di Indonesia melalui Program Mitra Bukalapak dimana salah satu fokusnya untuk membantu warung tradisional untuk naik kelas dan go digital agar tercipta ekonomi adil bagi semua. Public Relations PT Bukalapak.com melakukan beberapa strategi untuk mempertahankan reputasi yang sudah dimiliki Bukalapak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara kepada narasumber internal dan eksternal perusahaan PT Bukalapak.com. Berdasarkan temuan peneliti, strategi tersebut diantaranya melalui Publikasi, pelaksanaan acara, penyebaran berita, keterlibatan komunitas, informasi dan identitas perusahaan, lobi dan negosiasi, serta tanggung jawab sosial. Public Relations perusahaan diharapkan dapat terus menjalin hubungan baik dengan publik dan selalu berinovasi dalam membentuk strategi guna membentuk reputasi perusahaan yang baik di mata publik.

Kata Kunci: Strategi, Public Relations, Reputasi Perusahaan

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 02 Jan 2024 04:00
Last Modified: 15 Jan 2024 02:27
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1465

Actions (login required)

View Item
View Item