Aulia, Dinni (2022) Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Park Seo Jun dan Persepsi Konsumen terhadap Reputasi Blibli.com. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Persaingan yang ketat antar e-commerce di Indonesia, membuat Blibli.com memilih aktor Korea Selatan Park Seo Jun sebagai Brand Ambassador untuk membentuk persepsi konsumen dan meningkatkan reputasi perusahaannya, dengan begitu Blibli dapat menarik sejumlah pengguna baru khususnya generasi muda. Namun jumlah pengunjung situs Blibli justru mengalami penurunan selama tiga kuartal berturut-turut setelah Park Seo Jun menjadi Brand Ambassador. Penelitian ini melihat bagaimana Park Seo Jun mempengaruhi persepsi konsumen untuk meningkatkan reputasi perusahaan, penelitian ini sekaligus melihat kesesuaian Teori Komunikasi Dua Tahap dengan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan Brand Ambassador tidak dapat membentuk persepsi, namun baik Brand Ambassador dan Persepsi dapat mempengaruhi reputasi. Dilihat dari TEARS Model, Park Seo Jun memenuhi unsur Attractiveness namun kurang memenuhi unsur Similarity. Implikasi penelitian ini adalah penting memilih Brand Ambassador yang menarik secara fisik dan memiliki kesamaan dengan target konsumen.
Kata Kunci : Brand Ambassador, Persepsi, Reputasi, TEARS Model, Komunikasi Dua tahap, E-Commerce
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Public Relations |
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 02 Jan 2024 04:10 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 02:29 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1467 |