Pemanfaatan Instagram @bumiaki Sebagai Media Publikasi Dalam Membangun Brand Awareness

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Imtinanda, Dwianti Salma (2022) Pemanfaatan Instagram @bumiaki Sebagai Media Publikasi Dalam Membangun Brand Awareness. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bumi Aki merupakan rumah makan berciri khas sunda untuk keluarga yang berlokasi di lima titik daerah Bogor, Jawa Barat yaitu Ciloto, Puncak, Cisarua, Pajajaran, dan Cibinong. Sebagai rumah makan yang telah berdiri sejak tahun 1987 yang berawal dari sebuah warung kopi, Bumi Aki menginginkan dikenalnya brand Bumi Aki oleh masyarakat luas di seluruh Indonesia. Upaya yang dilakukan Bumi Aki yakni dalam bentuk memanfaatkan fitur-fitur didalam Instagram. Penelitian ini bertujuan mengetahui peran Instagram sebagai media publikasi Rumah Makan Bumi Aki dalam dibangunnya brand awareness perusahaan. Penelitian ini menggunakan teori media baru dan brand awareness, didukung oleh konsep Public Relations, fungsi Public Relations, tujuan Public Relations, strategi komunikasi Public Relations, konsep publikasi, Instagram, dan konsep kesadaran merek (brand awareness). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Didapatkan temuan dalam penelitian ini berupa pemanfaatan Instagram secara maksimal dengan fitur yang ada didalamnya sebagai media publikasi, konsisten dalam membuat konsep publikasi berupa tampilan profil halaman utama dan mengunggah konten secara terjadwal sehingga dapat membangun brand awareness Rumah Makan Bumi Aki pada masyarakat luas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan Instagam yang tela dilakukan oleh Bumi Aki dimanfaatakan untuk sarana publikasi produk dan layanan Rumah Makan Bumi Aki. Serta brand awareness pada Rumah Makan Bumi Aki saat ini masih berada pada brand recall.

Kata Kunci: Komunikasi, Public Relations, Teori Media Baru, Kesadaran Merek, Media Sosial, Instagram

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 02 Jan 2024 04:13
Last Modified: 15 Jan 2024 02:31
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1468

Actions (login required)

View Item
View Item