Strategi Komunikasi Humas Direktorat Jenderal Pajak dalam Menyosialisasikan Pengetahuan Perpajakan bagi Generasi Z melalui TikTok

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Alfreda, Elrica (2022) Strategi Komunikasi Humas Direktorat Jenderal Pajak dalam Menyosialisasikan Pengetahuan Perpajakan bagi Generasi Z melalui TikTok. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Humas Direktorat Jenderal Pajak memerlukan strategi komunikasi yang tepat, sebab tingkat kesadaran perpajakan masyarakat tergolong rendah dengan tax ratio Indonesia yang hanya mencapai 11,6 % (OECD, 2021). Humas DJP pun melakukan sosialisasi perpajakan bagi generasi Z selaku calon wajib pajak melalui TikTok. Meskipun TikTok @DitjenPajakRI sempat populer, namun kesuksesan tersebut tidak bertahan lama karena TikTok memiliki algoritma rumit dan berbeda yang memengaruhi engagement. Sehingga, penggunaan TikTok untuk sosialisasi perpajakan memerlukan strategi komunikasi khusus. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi Humas DJP dalam menyosialisasikan pengetahuan perpajakan bagi generasi Z melalui TikTok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, paradigma konstruktivisme, teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta menggunakan teori dan konsep 7 Cs of PR Communications dan TikTok Codebook. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Humas DJP telah menerapkan strategi komunikasi dengan cukup baik dengan melakukan strategi komunikasi secara maksimal pada enam unsur, yaitu kredibilitas, isi, saluran, format durasi video, format bahasa lisan, dan konten video. Akan tetapi, masih terdapat delapan unsur yang belum dilakukan maksimal dan dapat diperbaiki oleh Humas DJP. Seperti pada unsur konteks, kejelasan, kontinuitas dan konsistensi, kapabilitas audiens, format subjudul dan teks, format keterangan, format musik, dan jenis video.

Kata kunci: Strategi Komunikasi, Humas DJP, TikTok, Sosialisasi, 7 Cs of PR Communications.

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 02 Jan 2024 04:49
Last Modified: 15 Jan 2024 02:35
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1472

Actions (login required)

View Item
View Item