Strategi Komunikasi Jakarta Vegan Guide Melalui Woke Space Dalam Upaya Meningkatkan Kesadaran Publik Tentang Gaya Hidup Plant-Based

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Sekarninggar, Ghigasmara Gustinanda (2022) Strategi Komunikasi Jakarta Vegan Guide Melalui Woke Space Dalam Upaya Meningkatkan Kesadaran Publik Tentang Gaya Hidup Plant-Based. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurangnya pengetahuan dan informasi yang tersebar sehubungan dengan gaya hidup plant-based menyebabkan masih banyak masyarakat Indonesia yang belum sadar tentang kelebihan gaya hidup ini bagi kesehatan dan lingkungan. Jakarta Vegan Guide selaku media online yang berfokus pada ranah gaya hidup plant-based menginisiasi sebuah rangkaian kegiatan bertajuk Woke Space dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran publik tentang gaya hidup plant-based yang berjalan selama 3 hari di Tribeca Park, Central Park, Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi komunikasi Woke Space oleh Jakarta Vegan Guide, dengan menggunakan Model perencanaan strategi komunikasi oleh Philip Lesly sebagai landasan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data primer dan data sekunder diperoleh melalui wawancara dengan Founder Jakarta Vegan Guide & Program Manager Woke Space, partisipan Woke Space serta praktisi public relations dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan melalu Woke Space adalah dengan menyusun pesan yakni bahwa gaya hidup plant-based telah ada sejak lama dan dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat yang kemudian diangkat dalam bentuk materi workshop, talkshow dan tenan-tenan plant-based marketplace yang terbuka bagi publik secara inklusif. Selain itu, Woke Space juga memilih pembicara yang telah memiliki keahlian dalam materi yang disampaikannya. Penggunaan platform digital seperti saluran media sosial, laman website dan online media juga digunakkan oleh Woke Space dalam penyebaran informasi mengenai kegiatan ini.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Plant-based, Jakarta Vegan Guide, Woke Space, Kesadaran

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 02 Jan 2024 06:33
Last Modified: 15 Jan 2024 02:48
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1482

Actions (login required)

View Item
View Item