Upaya Peningkatan Dan Penguatan Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya Protokol Kesehatan Covid-19 Melalui Karya Lagu

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Wardana, Ilham Satria (2022) Upaya Peningkatan Dan Penguatan Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya Protokol Kesehatan Covid-19 Melalui Karya Lagu. UGP-Non thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada tahun 2021, pandemi COVID-19 masih belum selesai. Virus ini pun bermutasi secara cepat. Berbagai upaya telah dilakukan menekan angka positif COVID-19, mulai dari mensosialisasikan tentang protokol kesehatan hingga pembatasan kegiatan masyarakat. Data dari situs resmi COVID-19 Indonesia, dalam rentang waktu juni hingga september terlihat bahwa kelompok anak usia muda (19 tahun-30 tahun) menjadi penyumbang angka kasus positif COVID-19 yang cukup dominan dibanding dengan orang tua dan anak kecil yang dikatakan lebih rentan terpapar virus COVID-19. Provinsi DKI Jakarta menjadi salah satu provinsi penyumbang angka COVID terbesar secara nasional. Hal tersebut yang menjadi menarik dikaji untuk bagaimana anak usia muda ini paham dan sadar akan pentingnya melaksanakan protokol kesehatan dengan baik yang tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi untuk melindungi orang lain. Komunikasi persuasif yang digunakan yakni melalui media lagu dengan model Elaboration Likelihood jalur Sentral. Penelitian ini membuktikan bahwa sebuah lagu sebagai media komunikasi persuasi yang tepat dengan berbagai unsur didalamnya serta model yang digunakan dapat mendukung fungsi Public Relations guna memberikan penerangan yang tentunya melalui langkah-langkah PR (Ronald D Smith). Dari 10 orang sampel anak muda di Jakarta, pemahaman mereka tentang protokol kesehatan naik sebesar 50% setelah mendengarkan karya lagu yang dibuat dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Covid-19, Protokol Kesehatan, Lagu, Anak Muda, Komunikasi Persuasif, Public Relations, Indonesia.

Item Type: Thesis (UGP-Non thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:20
Last Modified: 15 Jan 2024 03:01
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1492

Actions (login required)

View Item
View Item