Peran Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Dalam Perubahan Perilaku Penggunaan New Media

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Winangsit, Kanya Nabila (2022) Peran Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Dalam Perubahan Perilaku Penggunaan New Media. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Komunikasi terus mengalami perubahan mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, di era new media ini, hampir seluruh proses komunikasi terjadi digitalisasi, dengan kata lain perubahan komunikasi tradisional menjadi komunikasi digital. Namun, tidak jarang kita menemukan pengguna media yang abai dengan etika menggunakan media digital dengan cakap. Untuk itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika pada Mei 2021 lalu telah meluncurkan program literasi digital “Indonesia Makin Cakap Digital 2021”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana literasi digital mampu mempengaruhi perubahan perilaku masyarakat dalam menggunakan new media secara bijaksana memenuhi 4 pilar, mempertahankan etika komunikasi, mempertahankan dan mengutamakan kemanan dalam komunikasi, cakap menggunakan new media, dan memberikan pengaruh positif dalam budaya komunikasi. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan peran Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam perubahan perilaku penggunaan new media. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa etika komunikasi masyarakat Indonesia masih buruk sehingga menepati peringkat bawah, tingkat pemahaman akan media baru yang berada pada tingkat sedang, program literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan dampak perubahan perilaku terhadap pengguna, sehingga menjadi lebih positif dan efektif, namun program literasi digital tersebut tidak sepenuhnya menjadi solusi meningkatkan literasi digital masyarakat. Peran Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dalam perubahan perilaku penggunaan new media dilakukan dengan adanya program-program seperti webinar untuk membantu masyarakat semakin cakap digital, memiliki etika yang baik, aman, dan berbudaya

Kata kunci: Komunikasi, Komunikasi digital, Etika komunikasi, New media, Literasi digital, Webinar, Program, Masyarakat, Peran, Kementerian komunikasi dan informatika

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:33
Last Modified: 15 Jan 2024 03:05
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1495

Actions (login required)

View Item
View Item