Analisa SWOT Untuk Membantu Penetapan Strategi Public Relations (Studi Kasus Allianz Life Indonesia)

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Alexander, Irene Samella (2022) Analisa SWOT Untuk Membantu Penetapan Strategi Public Relations (Studi Kasus Allianz Life Indonesia). UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi dunia bisnis, salah satunya kepada industri asuransi. Industri asuransi di Indonesia dihadapkan pada ancaman dan peluang. Dengan ancaman dan peluang yang muncul ini, setiap perusahaan asuransi di Indonesia harus membuat strategi public relations yang tepat dan efektif, guna menciptakan keunggulan kompetitif. Karena itu, pembuatan strategi tersebut harus dibuat sedemikian rupa berdasarkan kaidah yang efisien dan efektif, seperti penggunaan analisa SWOT. Melalui pendekatan model Strategic Planning of Public Relations oleh Ronald Smith, penelitian ini membahas bagaimana tim public relations Allianz Life Indonesia menggunakan analisa SWOT untuk membantu menetapkan strategi public relations agar dapat unggul dalam persaingan dengan kompetitornya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data primer melalui wawancara, serta dari sumber sekunder studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tim Corporate Communication Allianz Life Indonesia selalu memanfaatkan dan mengkolaborasikan keempat faktor SWOT untuk membantu menetapkan strategi public relations yang akan dijalankan. Tim Corporate Communication Allianz Life Indonesia melakukan analisa SWOT secara berkala untuk mengetahui informasi yang aktual mengenai keadaan internal dan eksternal perusahaan, sehingga dapat menjadi acuan dan dasar untuk mengidentifikasi strategi apa yang harus dijalankan selanjutnya guna mencapai tujuan utama, yaitu menciptakan dan menjaga reputasi yang baik.

Keywords: Public Relations, Strategi, Analisa SWOT, Indonesia, Allianz Life Indonesia, Peluang, Ancaman

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:41
Last Modified: 15 Jan 2024 03:06
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1496

Actions (login required)

View Item
View Item