Strategi Public Relations dalam Mempertahankan Citra PT. MedcoEnergi

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Olivia, Octaviani (2022) Strategi Public Relations dalam Mempertahankan Citra PT. MedcoEnergi. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi di dunia komunikasi yang semakin berevolusi di era digitalisasi membuat Public Relations menjadi salah satu kebutuhan yang diperlukan oleh setiap perusahan. Tidak hanya perusahaan yang menjual produknya langsung ke masyarakat (B2C) tapi juga perusahaan yang menjual produknya ke perusahaan atau yang kita kenal dengan business to business (B2B). Perusahaan B2B kerap kali mengenyampingkan kegiatan public relations-nya karena dirasa tidak terlalu penting mengingat perusahan tersebut tidak langsung bersinggungan dengan masyarakat. Namun lain halnya dengan PT. MedcoEnergi. Walaupun tidak memiliki sosial media, PT. MedcoEnergi tetap menjalankan strategi public relations untuk mempertahankan dan meningkatkan citranya di mata publik. Salah satu program public relations yang dilakukan adalah melalui media gathering. Mengingat pandemic yang masih berlangsung media gathering dilaksanakan secara online dengan peserta yang melampaui target. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Public Relations apa sajakah yang telah dilakukan oleh PT. MedcoEnergi dalam upaya mempertahankan citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara terstruktur dengan narasumber internal dan eksternal. Hasil dari penelitian ini adalah PT. MedcoEnergi menggunakan strategi public relations 7 elemen yaitu publication, event, news, inform or image, community involvement, lobbying and negotiation, dan social responsibility. Strategi public relations yang dilakukan oleh tim public relations MedcoEnergi diharapkan dapat mempertahankan dan juga meningkatkan citra perusahaan.

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:30
Last Modified: 15 Jan 2024 04:12
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1535

Actions (login required)

View Item
View Item