Analisis Crisis Communication SM Entertainment Dalam Mengatasi Rumor Gaslighting Lucas Wong

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Lalenoh, Rachel Geraldine (2022) Analisis Crisis Communication SM Entertainment Dalam Mengatasi Rumor Gaslighting Lucas Wong. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Industri hiburan Korea Selatan kini sedang memasuki puncak popularitasnya yang dibuktikan dari banyaknya grup asal Korea Selatan yang merajai tangga musik dunia. SM Entertainment merupakan agensi hiburan Korea Selatan yang berhasil mencetak idol dengan prestasi yang menembus kancah internasional. Meskipun demikian prestasi yang dimiliki tidak cukup untuk menghandang sebuah perusahaan dari sebuah krisis sehingga perusahaan juga harus tetap waspada jika sewaktu-waktu dilanda situasi krisis. Penelitian ini membahas mengenai situasi krisis yang dialami oleh SM Entertainment pada tahun 2021 dimana salah satu dari artis naungan SM Entertainment diterpa rumor gaslighting. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui, menganalisis, serta memahami bagaimana SM Entertainment merespon krisis yang dikaitkan berdasarkan Situational Crisis Communication Theory. Penelitian ini diteliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berdasarkan studi dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa krisis yang dialami oleh SM Entertainment tergolong dalam kategori victim cluster dengan menerapkan tipe respon rebuilding strategy dan diminishment strategy. Ditinjau dari konsep emergency life cycle, SM Entertainment baru melewati tiga fase yaitu mitigation, preparedness, dan response. Fase terakhir yaitu recovery belum dilakukan karena krisis masih berjalan hingga sekarang. Adapun rekomendasi yang dapat diberikan kepada SM Entertainment adalah agar selanjutnya dapat mengambil langkah yang lebih tegas dan transparan dalam memberikan perkembangan kasus.

Kata Kunci: Crisis Communication, SCCT, Rumor, Gaslighting

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 03 Jan 2024 04:00
Last Modified: 15 Jan 2024 04:23
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1541

Actions (login required)

View Item
View Item