Analisis Personal Branding Vira Brabo Sebagai Influencer Melalui Media Sosial Instagram

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Putri, Rizka Hiranka (2022) Analisis Personal Branding Vira Brabo Sebagai Influencer Melalui Media Sosial Instagram. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Personal branding adalah suatu proses ketika orang menggunakan dirinya atau kariernya sebagai merek (brand). Tujuan akhirnya adalah bagaimana orang lain memiliki pandangan atau persepsi positif sehingga mereka dapat terus percaya atau melakukan tindakan lain. Vira merupakan seorang Selebgram sekaligus influencer dengan akun Instagram bernama @Virabrabo. Vira membawakan tutorial dengan gaya yang sangat casual saat memberikan motivasi maupun informasi seputar fashion maupun seminar. Keberhasilan dalam melakukan personal branding melalui Instagram yang akhirnya membuat seseorang seperti Vira Brabo tadi dijuluki sebagai Selebgram atau Selebriti Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui personal branding yang dilakukan oleh Vira Brabo melalui media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif. Narasumber penelitian terdiri dari Vira Brabo sebagai narasumber utama, Niken Mariska sebagai Followers (pengikut) Vira Brabo dan Verrel Brabo adik dari Vira Brabo. Teknik pengumpulan data terdiri dari data primer dan sekunder. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal branding Vira Brabo melalui Instagram memenuhi keseluruhan elemen personal branding. Vira dinyatakan oleh pengikut Instagramnya sebagai influencer yang humble, apa adanya dan sering kali memberikan informasi terkait seputar kecantikan yang dibungkus melalui motivasi yang sesuai dengan apa yang berusaha Vira harapkan. Dari masa lalu Vira yang di-bully, telah membuatnya menjadi pribadi yang lebih baik lagi sehingga sampai saat ini Vira membantu perempuan yang sedang mengalami hal yang sama untuk mengatasi rasa insecure pada diri mereka. Dari wawancara dengan followers mengatakan Vira sangat berperan dalam memberikan perubahan berupa mencintai dan merawat diri sendiri.

Kata kunci: Personal Branding, Influencer, Media Sosial, Instagram

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 03 Jan 2024 04:21
Last Modified: 15 Jan 2024 04:39
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1547

Actions (login required)

View Item
View Item