Florencia, Tamara (2022) "Persepsi Followers Pada Konten Seri (Instagram Carousel) Cretivox Zodiak Di Instagram @Cretivox". UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Setelah telepon seluler, Internet adalah media dengan pertumbuhan tercepat kedua di dunia. Dalam penggunaanya kehidupan sehari-hari, telepon seluler banyak di akses orang untuk membuka Instagram. oleh karena itulah Instagram menjadi salah satu media terpopuler saat ini. Keunggulan dari aplikasi ini sendiri pun dapat mengabadikan momen-momen seru pengguna dalam hitungan detik yang dapat dibilang sangat efisien, efektif serta variatif. Efektifnya fitur-fitur pada Instagram ini, membantu masyarakat dengan mudah mengakses berbagai konten ramalan zodiak. Zodiak merupakan ramalan bintang yang di dasari dengan pembacaan 12 rasi bintang yang dicocokkan dengan tanggal bulan dan tahun lahir. Walaupun banyak orang mengutip hal tersebut adalah palsu, namun tak sedikit juga orang percaya akan zodiak. Efek Barnum adalah nama yang diberikan untuk jenis fenomena ini. Hasil dari fenomena ini sendiri lah nantinya yang disebut dengan persepsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Persepsi Followers Pada Konten Seri (Instagram Carousel) Cretivox Zodiak di Instagram @Cretivox. Penelitian ini menggunakan teori Self Perception Theory, Social Information Processing Theory (SIP) dan Computer-mediated communication Theory (CMC) untuk memandu penelitian ini dalam menganalisis Persepsi Followers Pada Konten Seri (Instagram Carousel) Cretivox Zodiak Di Instagram @Cretivox. hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak adanya persepsi yang ditimbulkan Milenial memanfaatkan konten “Seri Cretivox Zodiak” sebagai bahan hiburan dan menjadikan konten tersebut sebagai topik pembahasan dalam perkumpulannya sehingga Tidak ditemukannya hubungan barnum efek terhadap konten “Seri Cretivox Zodiak” yang diakses oleh followersnya
Kata kunci: Internet, Media Sosial, Instagram, Zodiak, Cretivox, Persepsi, Self Perception Theory, Social Information Processing Theory (SIP), Computer-mediated communication Theory (CMC) dan efek Barnum.
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Public Relations |
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 06:25 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 04:57 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1562 |