Pemanfaatan Aplikasi Media Sosial Sebagai Pemasaran Digital, Studi Analisis: Aplikasi TikTok Oleh Noaeveryday

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Valencia, .Valencia (2022) Pemanfaatan Aplikasi Media Sosial Sebagai Pemasaran Digital, Studi Analisis: Aplikasi TikTok Oleh Noaeveryday. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan TikTok yang pesat membuat aplikasi ini turut dimanfaatkan oleh berbagai merek sebagai medium bisnisnya sebagai alat pemasaran digital dalam menjangkau audiens. Salah satu bisnis lokal yang memanfaatkan TikTok sebagai media pemasaran digital bagi bisnisnya adalah @Noaeveryday yang menjual beragam pakaian Wanita. Tujuan penelitian ini untuk memahami dan menganalisis pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh NoaEveryday. Adapun teori utama yang digunakan adalah Integrated Marketing Communication (Iklan, personal selling, sales promotion, publisitas, direct and online marketing) oleh Widyastuti serta Two way Symetrical model oleh Grunig dan Hunt (dalam Prayudi, 2012) Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah @noaeveryday sudah melakukan sesuai dengan teori Two-way Symmetrical Model tersebut dimana Noaeveryday melakukan pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai pemasaran digital yang digunakan untuk mencapai pemahaman bersama dengan hanya memanfaatkan 4 dari 5 sesuai dengan teori Integrated Marketing Communication hal ini dikarenakan @noaeveryday tidak menggunakan iklan walau demikian dari mereka menggunakan wiraniaga dalam menjelaskan produk, memberikan promo-promo menarik, membangun pemahaman yang sama dengan audiens, serta menjaga citra merek, dan menggunakan fitur live untuk memberikan respon cepat kepada audiens serta TikTok Shop dalam memberikan kenyamanan pelanggan saat berbelanja. Saran untuk @noaeveryday adalah untuk lebih mengoptimalisasikan durasi dalam menyampaikan atau menjelaskan produk, menggunakan selebgram, memberikan video reminder mengenai promo pada hari-h promo tersebut, konsep live yang berbeda pada setiap live, dan menggunakan aplikasi stock management dalam membantu perubahan stok produk pada setiap e-commerce.

Kata kunci: Integrated Marketing Communication, TikTok, Media Sosial

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 03 Jan 2024 06:58
Last Modified: 15 Jan 2024 05:06
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1570

Actions (login required)

View Item
View Item