Komunikasi Antarpribadi Ibu Dan Anak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Saat Pandemi Covid-19

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Sherihan, Amira (2021) Komunikasi Antarpribadi Ibu Dan Anak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Saat Pandemi Covid-19. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada fenomena pembelajaran jarak jauh daring yang terjadi selama pandemi COVID-19. Pembelajaran daring ini berdampak pada anak-anak dan orang tua. Khusus untuk anak SD, mereka merasa bosan saat belajar online. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan anak menjadi kurang fokus dalam belajar dan menurunnya motivasi belajar sehingga perlu adanya dorongan dari pihak keluarga yaitu salah satunya ibu. Komunikasi antarpribadi dapat dianggap sebagai salah satu cara paling efektif bagi orang tua untuk meningkatkan motivasi belajar anak selama pandemi ini. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan serta memahami perbedaan komunikasi antarpribadi dalam keluarga antara ibu pekerja dan ibu rumah tangga kepada anak dalam meningkatkan motivasi belajar selama pandemi COVID-19 dengan menggunakan konsep teori komunikasi antarpribadi dengan enam elemen: sumber-penerima, pesan, saluran, gangguan, konteks, dan etika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan wawancara mendalam. Penelitian ini dianalisis berdasarkan model Miles dan Huberman dengan teknik pemeriksaan keterpercayaan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antarpribadi antara ibu dan anak dapat dikatakan bahwa masing-masing individu mengetahui apa perannya, pesan yang disampaikan dalam meningkatkan motivasi belajar dikemas berupa nasihat, reward, serta sentuhan, pesan disampaikan secara langsung (tatap muka), namun ada berbagai hal yang masih perlu diperhatikan dalam menyampaikan motivasi belajar ini seperti gangguan baik dari sumber maupun penerima, konteks, serta etika. Oleh karena itu semua elemen- elemen ini saling berkaitan satu sama lainnya dalam proses komunikasi antarpribadi untuk meningkatkan motivasi belajar, maka dengan merumuskan sebuah pesan yang sesuai, dapat membuat komunikasi berjalan lebih baik.

Kata Kunci: Komunikasi Antarpribadi, Ibu dan Anak, Motivasi Belajar, Pandemi COVID-19

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 03 Jan 2024 07:27
Last Modified: 15 Jan 2024 06:19
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1578

Actions (login required)

View Item
View Item